30 Resep Kue dan Hidangan Natal

Sejarah dan Filosofi Yule Log, Bolu Gulung Bentuk Batang Kayu

Riska Fitria - detikFood Rabu, 22 Des 2021 16:00 WIB
Sejarah dan Filosofi Yule Log, Bolu Gulung Bentuk Batang Kayu Foto: iStock
Jakarta -

Yule log menjadi hidangan ikonik dalam perayaan natal. Kue berbentuk batang kayu ini memiliki cerita menarik soal sejarah dan filosofinya.

Setiap negara pasti memiliki hidangan khas untuk perayaan hari natal. Seperti Prancis misalnya yang terkenal dengan yule log. Orang Prancis biasa menyebutnya 'buche de noel'.

Menghidangkan yule log saat natal sudah menjadi tradisi tersendiri bagi orang Prancis. Dalam sejarahnya, yule log sudah ada sejak zaman besi. Bentuknya unik karena seperti batang kayu.

Bukan hanya sekadar bentuk, tetapi ada filosofi mendalam mengapa kue tersebut berbentuk batang kayu. Hal tersebut berkaitan dengan tradisi natal orang Prancis di masa lampau.

Baca Juga: 5 Toko Online Ini Jual Kue Kering untuk Natal

Berikut sejarah dan fakta menarik yule log:

1. Apa Itu Yule Log?

Sejarah dan Filosofi Yule Log, Bolu Gulung Bentuk Batang KayuSejarah dan Filosofi Yule Log, Bolu Gulung Bentuk Batang Kayu Foto: iStock

Yule log atau buche de noel adalah kue natal khas Prancis. Kue ini menjadi hidangan natal yang ikonik di Eropa. Bahkan bagi mereka kurang lengkap rasanya natal tanpa yule log.

Yule log pada dasarnya adalah kue bolu gulung. Hanya saja dibentuk menyerupai batang kayu atau pohon. Maka tak heran jika proses pembuatan yule log terbilang agak rumit.

Pertama, bolu gulung diolesi oleh selai atau krim, lalu dilapisi cokelat buttercream. Lapisan cokelat itu agar penampilannya benar-benar menyerupai batang pohon.

Pada lapisan cokelatnya juga diberi guratan-guratan memanjang mirip kulit kayu. Kemudian, dihias dengan dedaunan atau jamur yang terbuat dari meringue, marzipan dan berbagai dekorasi lainnya.

2. Asal-usul Yule Log

Sejarah dan Filosofi Yule Log, Bolu Gulung Bentuk Batang KayuSejarah dan Filosofi Yule Log, Bolu Gulung Bentuk Batang Kayu Foto: iStock

Yule log terbilang kue kuno di Prancis. Kue natal ini diperkirakan sudah ada sejak zaman besi, tepatnya sebelum era abad pertengahan. Tahukah kamu mengapa kue ini berbentuk batang kayu?

Terciptanya yule log ini berawal dari tradisi membakar kayu yang dilakukan oleh orang Eropa saat musim dingin. Tradisi membakar kayu ini untuk membersihkan udara dari musim dingin dan memasuki musim semi.

Batang kayu bakar itu umumnya dihias dengan holly, pinecone atau ivy. Orang Eropa juga biasa menggunakan anggur dan garam untuk meminyaki kayu.

Setelah kayu terbakar, akan tersisa abu. Nah, abu tersebut tidak dibuang melainkan disimpan untuk dibakar kembali pada musim natal tahun berikutnya. Jadi, dicampur dengan batang kayu yang baru.

Baca Juga: Resep Pembaca: Resep Beef Picnic Roll yang Padat Isiannya dan Istimewa Rasanya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cocok untuk Natal! Resep Mudah Bikin Marmalade Thumbprint Cookies"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com