Salah Tulis 'Done' Jadi 'Down', Penjual Pempek Ini Bikin Warganet Ngakak

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 24 Des 2021 13:00 WIB
Salah Tulis, Penjual Pempek Bikin Warganet Ngakak Foto: Twitter/txtdronlshop
Jakarta -

Kesulitan penulisan bahasa asing membuat banyak orang kerap salah melakukannya. Penjual pempek yang niatnya ingin bersyukur ini justru membuat netizen ngakak karena salah tulis.

Bahasa asing yang tidak banyak dipahami orang membuat penggunaannya masih dirasa begitu sulit. Penulisan tertentu dan kesalahan satu huruf yang dapat mengubah arti kata membuat banyak orang kerap membingungkan orang lain saat menulis istilah dalam bahasa asing.

Terlebih para penjual yang biasanya berusaha menggunakan bahasa asing demi menarik perhatian pelanggan. Sayangnya kesulitan dan ketidakmengertian mereka terhadap kata yang dituliskan sering membuat orang yang melihat malah jadi bingung.

Salah satunya dilakukan penjual pempek yang niatnya ingin berbagi kegembiraan melalui status Facebooknya. Bersyukur telah berhasil menyelesaikan pesanan pelanggan, salah tulis yang dilakukannya bikin netizen jadi ikut sedih.

Baca juga: Fatal! Gegara Salah Tulis, Nama Menu Restoran Ini Bikin Mikir Keras

Salah Tulis, Penjual Pempek Bikin Warganet NgakakSalah Tulis, Penjual Pempek Bikin Warganet Ngakak Foto: Twitter/txtdronlshop

Mengutip Twitter @txtdronlshop (20/12), unggahan seorang penjual pempek yang dibagikan berhasil bikin netizen ngakak. Terlihat deretan kemasan pempek yang baru matang, penjualnya mengucapkan ungkapan syukur yang berujung memancing kesedihan.

"Alhamdulillah down (terpuruk). Semoga bisa jadi langganan gaes," tulis keterangan dalam unggahan tersebut. Adapun maksud penjual pempek sebenarnya adalah 'done' atau berarti 'selesai' untuk menunjukkan pempek pesanannya sudah selesai dibuat.

Diunggah pada akun Twitter @txtdronlshop banyak sekali netizen yang tak habis pikir dengan kesalahan penulisan yang ternyata bisa menjadi begitu fatal. Banyak netizen yang tak bisa menahan tawa setelah melihat kesalahan penulisan yang begitu mengubah arti dari kalimat yang dituliskan.

Bukan hanya penjual pempek ini. Pada kolom komentar unggahan @txtdronlshop, detikcom juga melihat (22/12) banyak warganet lain berbagi informasi tentang orang-orang yang juga salah menulis kata dalam bahasa asing.

Baca juga: Kocak! 5 Pengantin Ini Dapat Hadiah Makanan Tak Terduga

Salah Tulis, Penjual Pempek Bikin Warganet NgakakSalah Tulis, Penjual Pempek Bikin Warganet Ngakak Foto: Twitter/txtdronlshop

Balasan yang cukup memancing gelak tawa adalah seperti cuitan milik @_Ogenk. Pemilik akun menunjukkan tangkapan layar sebuah status WhatsApp seseorang yang mempromosikan makanan milik saudaranya.

"Budenya Salma sekali bebikinan langsung soul out (jiwanya keluar)", tulis keterangan dalam status tersebut. Padahal maksudnya adalah dagangan yang dibuat bisa langsung sold out atau habis dalam sekejap.

Ada juga seorang netizen lain yang membagikan status Whatsapp seorang penjual ayam geprek yang dikenalnya. Bukan bahasa atau istilah asing, penjual ayam geprek tersebut salah menulis huruf 'M' menjadi 'H'.

"Ayah geprek ready ya," tulis tangkapan layar status WhatsApp yang dibagikan. Maksudnya, penjual ayam geprek tersebut ingin memberi tahu para pelanggannya bahwa ayam geprek buatannya sudah siap untuk dipesan.

Netizen pemilik akun @punyagwyee yang tak tahan dengan kocaknya salah penulisan tersebut. Ia bahkan berkomentar, "Istrinya punya dendam apa sih".

Baca juga: 5 Pola Makan Gracia Indri yang Berhasil Turunkan BB hingga 11 kg



Simak Video "Menikmati Bakso Rumahan dengan Nuansa Asri "
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com