Ada Sushi Kalengan Tapi Isinya Tak Mirip Sushi Sama Sekali

Devi Setya - detikFood Kamis, 23 Des 2021 11:00 WIB
Ada Sushi Kalengan Tapi Isinya Tak Mirip Sushi Sama Sekali Foto: Soranews
Jakarta -

Produsen makanan ini membuat sushi kalengan agar tahan lama disimpan. Namun ketika dibuka, isinya tak mirip sushi sama sekali.

Makanan kalengan dibuat dengan tujuan mengawetkan rasa, tekstur dan aroma makanan. Seperti ikan sarden, daging kornet atau sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. Kali ini ada makanan siap santap berupa sushi yang juga dikemas dalam kaleng dan digadang-gadang bisa jadi makanan praktis siap santap.

Dilansir dari Japan Today (21/12) perusahaan produsen makanan kalengan asal Jepang, Shugei membuat produk baru berupa sushi yang dikemas dalam kaleng. Sushi ini diberi nama Sharican.

Ada Sushi Kalengan Tapi Isinya Tak Mirip Sushi Sama SekaliAda Sushi Kalengan Tapi Isinya Tak Mirip Sushi Sama Sekali Foto: Soranews

Sushi ini tersedia dalam tiga pilihan rasa yakni sushi rasa makarel, belut dan daging sapi. Untuk varian daging sapi, digunakan daging sapi Tajima yakni sapi dari prefektur Kobe, Jepang. Satu kaleng sushi ini dibanderol dengan harga 1.100 Yen atau sekitar Rp 138 ribu.

Sushi kemasan kalengan ini bisa langsung dikonsumsi ataupun dipanaskan lebih dulu. Jika menggunakan oven microwave, cukup panaskan 2-4 menit sebelum disajikan. Sushi ini terbilang praktis, lantas seperti apa tampilan dan rasanya?

Setiap orang yang melihat sushi kalengan ini akan membayangkan beberapa potong sushi roll. Tapi ternyata isinya bukanlah sushi seperti yang banyak disajikan di restoran sushi.

Isinya justru tampak seperti nasi bercampur aneka lauk. Beberapa orang yang sudah mencoba membeli sushi ini mengaku kecewa karena tampilan makanan ini bukanlah seperti sushi pada umumnya.

Bagi sebagian orang, sushi kemasan kaleng ini terlihat mirip takikomi Gohan yakni hidangan khas Jepang yang berupa nasi dicampur aneka lauk. Meskipun tampilannya tidak sesuai harapan, tetapi soal rasa ternyata sushi ini cukup enak.

Nasi sushi memiliki rasa manis dengan tekstur lembut pulen. Mr. Sato, seorang foodies di Jepang bahkan mengatakan saat makan makanan ini ia lupa kalau labelnya adalah sushi. Hal ini dikarenakan tampilan dan rasanya tidak mirip sushi.

Ada Sushi Kalengan Tapi Isinya Tak Mirip Sushi Sama SekaliAda Sushi Kalengan Tapi Isinya Tak Mirip Sushi Sama Sekali Foto: Soranews

Karena dianggap tidak sesuai dengan labelnya, Mr. Sato bahkan tidak merekomendasikan untuk membeli sushi kalengan ini. Namun ia tidak melarang untuk siapapun yang mau mencoba mencicipi makanan kaleng yang unik dan tak biasa.

Seperti di banyak negara Jepang, makanan kalengan bukanlah hal baru. Banyak makanan yang dikemas menggunakan kaleng dengan tujuan memperpanjang masa simpan sekaligus mempermudah proses penyajian.



Simak Video "Menyantap Sushi di Warung Kaki Lima, Harganya Rp 10 Ribuan!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com