30 Resep Kue dan Hidangan Natal

5 Menu Babi Populer untuk Natal, Ada BPK hingga Babi Rica-rica

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 22 Des 2021 19:00 WIB
5 Menu Babi Populer untuk Natal, Ada BPK hingga Babi Rica-rica Foto: Instagram nabas_loidmaumere
Jakarta -

Perayaan Natal adalah momen istimewa untuk umat Kristen. Selain memanjatkan doa, mereka bakal berkumpul bersama keluarga sambil mencicipi makanan enak, termasuk lima menu babi populer ini.

Banyak umat nonmuslim di Indonesia menggemari olahan babi. Jenisnya beragam dan berbeda-beda di tiap wilayah. Biasanya olahan babi ini diberi aneka bumbu rempah dan dimasak dengan cara khusus hingga rasa lezatnya tak tertandingi.

Menu-menu babi ini juga sering kali hadir di meja makan saat perayaan Natal. Di Sumatera Utara, misalnya, ada babi panggang karo yang tersohor nikmat. Lalu di Papua ada olahan babi istimewa yang didapat hanya saat merayakan tradisi barapen.

Berikut detikfood merangkum informasi 5 menu babi yang populer jadi hidangan Natal di Indonesia:

1. Babi panggang karo

5 Menu Babi Populer untuk Natal, Ada BPK hingga Babi Rica-rica5 Menu Babi Populer untuk Natal, Ada BPK hingga Babi Rica-rica Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Babi panggang karo atau populer dengan sebutan BPK adalah makanan khas suku Karo, Sumatera Utara. BPK kerap hadir sebagai menu Natal masyarakat Karo. Tak hanya di Medan atau Berastagi, menu babi ini juga populer di banyak daerah Indonesia lainnya seperti Jakarta dan Bandung.

BPK berbeda dengan babi panggang biasa karena irisan dagingnya lebih tipis. Pengunjung juga bisa memilih mau bagian daging merah (lean meat) atau daging putih (pork belly). BPK disajikan dengan daun singkong dan kincong (kecombrang) yang telah dihaluskan.

Ada juga saus khusus untuk mendampingi BPK. Saus ini diracik dengan paduan darah babi dan berbagai rempah. Hasil akhirnya berwarna kecokelatan. Di Medan sendiri, tak sulit menemukan BPK. Ada banyak penjual BKP yang terkenal enak seperti BPK Ola Kisat, BPK Haleluya, dan BPK Ingat.

2. Babi guling

5 Menu Babi Populer untuk Natal, Ada BPK hingga Babi Rica-rica5 Menu Babi Populer untuk Natal, Ada BPK hingga Babi Rica-rica Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Hidangan Natal di Bali makin lengkap dengan kehadiran babi guling. Babi ini dimasak dalam keadaan utuh, tanpa dipotong-potong. Awalnya seluruh bagian babi, termasuk isi perutnya, dibersihkan.

Setelah itu pembuat babi guling bakal memasukkan bumbu rempah dan isian lain ke dalam perut babi. Setelahnya perut babi diikat/dijahit dengan benang agar isian tersebut tidak tumpah. Terakhir, babi dipanggang di atas api dengan cara memutar-mutarnya supaya matang merata.

Untuk penyajian, babi guling dinikmati dalam bentuk potongan. Biasanya banyak yang mengincar bagian kulit karena renyah, garing, dan lemak di bawahnya masih juicy. Babi guling juga disajikan sebagai nasi campur dengan isian nasi putih, lawar, urap, jeroan, kerupuk babi, hingga sambal matah. Berikut tempat makan babi guling yang terkenal nikmat di Bali.

Baca Juga: 7 Nasi Babi Guling di Bali yang Renyah Gurihnya Nagih

3. Babi rica-rica

5 Menu Babi Populer untuk Natal, Ada BPK hingga Babi Rica-rica5 Menu Babi Populer untuk Natal, Ada BPK hingga Babi Rica-rica Foto: Instagram nabas_loidmaumere

Masyarakat Manado juga punya menu babi favorit untuk Natal yaitu babi rica-rica. Berupa potongan daging babi yang dibumbui rica-rica. Rasanya terkenal pedas nikmat.

Bumbu halusnya terdiri dari cabe rawit merah, cabe rawit keriting, bawang, kunyit, jahe, hingga lengkuas. Aneka rempah juga ditambahkan agar hidangan ini harum. Ada daun salam, daun jeruk, dan serai. Lalu ada juga yang suka menambahkan daun kemangi supaya makin nikmat.

Selain babi rica-rica, orang Manado juga biasa menyantap babi putar saat Natal. Mirip seperti babi guling khas Bali, menu ini juga dibuat dari seekor babi yang diputar di atas bara api dan diberi aneka bumbu khas Manado.

Intip menu babi populer untuk Natal di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Resep Kue Natal Simpel: Citrus Pound Cake ala Chef Devi Tandri "
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com