30 Resep Kue dan Hidangan Natal

Citrus Pound Cake, Cake Mentega Sederhana yang Segar Aromanya

Devi Setya - detikFood Rabu, 22 Des 2021 16:30 WIB
Citrus Pound Cake, Cake Mentega Sederhana yang Segar Aromanya Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Kalau mau membuat kue simpel untuk Natal, kamu bisa buat citrus pound cake. Cake ini simpel dan mudah dibuat namun bisa tampil cantik dan rasanya manis asam segar.

Banyak pilihan kue yang bisa dibuat untuk merayakan momen Natal. Kalau tak mau repot, kamu bisa memilih jenis cake 'butter type' yang bahannya sederhana dan gampang dibuat. Seperti citrus pound cake yang manis sedikit asam tetapi dengan rasa mentega yang gurih enak.

Chef Devi Tandri dari Exquise Pattiseries membagikan resep dan tips membuat cake ini. Jenis cake 'butter type' ini merupakan cake dengan bahan utama mentega yang dikocok dengan gula. Jadi tak perlu khawatir kempis atau bantet saat dipanggang. Bahkan pemula yang jarang bikin kue bisa membuat kue enak sebagai suguhan Natal.

Citrus Pound Cake, Cake Mentega Sederhana yang Segar AromanyaCitrus Pound Cake, Cake Mentega Sederhana yang Segar Aromanya Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Bahan baku yang digunakan sederhana dan mudah didapat. Kamu hanya membutuhkan bahan utama seperti tepung terigu, mentega, telur dan gula. Sementara bahan pelengkapnya ada baking powder, ekstrak vanila, susu, irisan kulit jeruk dan sedikit irisan kulit lemon.

Untuk membuat cake ini sangat mudah, pertama campur mentega dan gula kemudian kocok menggunakan mikser hingga lembut. Masukkan telur satu persatu dan tambahkan tepung terigu serta baking powder. Kocok hingga adonan tercampur rata dan lembut.

Kalau tak punya mikser kamu bisa memakai kocokan kawat untuk mengocok adonan. Hasil cake pun akan padat namun tetap memiliki tekstur lembut.

Terakhir, tambahkan irisan kulit jeruk dan aduk hingga rata. Selanjutnya panggang cake dalam oven bersuhu 170-180 derajat celcius selama 30-40 menit sampai matang. Angkat cake lalu dinginkan sebelum dihias.

Citrus Pound Cake, Cake Mentega Sederhana yang Segar AromanyaCitrus Pound Cake, Cake Mentega Sederhana yang Segar Aromanya Foto: detikFood/Devi S. Lestari

"Gampang banget, semua bisa coba di rumah. Supaya tidak takut bantat, jangan lupa tambahkan baking powder," kata Chef Devi saat ditemui di Exquise Pattiseries, Gading Serpong (20/12).

Rasa asam segar dari irisan kulit jeruk dan lemon diakui Chef Devi bisa memberi sensasi berbeda pada cake ini. Paduan rasa asam dan manis serta aroma butter yang harum menjadikan kue simpel ini bisa jadi pilihan kue Natal yang spesial.

Sebagai hidangan Natal tentu ingin menghadirkan cake yang cantik. Chef Devi yang mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ini juga menghias cake dengan tema Natal.

Cake yang sudah matang ini kemudian diguyur dengan glasur yang terbuat dari royal icing yakni campuran putih telur dan gula halus yang dikocok hingga lembut. Setelah itu barulah cake bisa diberi ornamen hiasan bertema Natal.

Selain menggunakan campuran kulit jeruk dan kulit lemon, Chef Devi juga mengatakan bisa membuat cake simpel dengan tambahan sukade, buah kering ataupun kismis.

"Tergantung selera kalau soal rasa, bisa ditambahkan buah kering, kismis atau kacang. Garnishnya juga bisa disesuaikan, tidak harus royal icing tapi bisa pakai cokelat atau fondant," jelas Chef Devi.

Selain untuk dikonsumsi bersama keluarga, cake ini juga bisa jadi hantaran untuk keluarga atau kerabat tercinta. Bikin hampers buatan sendiri dijamin lebih spesial. Resep lengkap Citrus Pound Cake bisa kamu lihat di sini !



Simak Video "Resep Kue Natal Simpel: Citrus Pound Cake ala Chef Devi Tandri "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com