ADVERTISEMENT

Arya Saloka dan Sandiaga Uno Penggemar Gudeg Yu Djum yang Legendaris

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 22 Des 2021 11:30 WIB
Arya Saloka dan Sandiaga Uno Penggemar Gudeg Yu Djum yang Legendaris
Foto: Instagram/iStock
Jakarta -

Ditanya soal kuliner favoritnya oleh Sandiaga Uno, aktor Arya Saloka mengaku doyan makan gudeg. Bahkan Arya Saloka punya gudeg favorit Yu Djum.

Belum lama ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno live Instagram bersama aktor Arya Saloka, pemeran Aldebaran dalam sinetron 'Ikatan Cinta'.

Dalam Live tersebut mereka berbincang soal bisnis roti milik Arya yang pada saat pembukaannya melakukan aksi sosial dengan berbagi 1.000 roti dan dibayar dengan doa.

Arya Saloka sendiri memang memiliki ketertarikan dengan bisnis kuliner. Sebelumnya, Arya Saloka memiliki bisnis kuliner roti, dimsum dan bubur kacang ijo.

Baca Juga: Resep Gudeg Jogja yang Sedap Ngangeni

Arya Saloka dan Sandiaga Uno Penggemar Gudeg Yu Djum yang LegendarisArya Saloka dan Sandiaga Uno Penggemar Gudeg Yu Djum yang Legendaris Foto: Instagram @sandiagauno

Begitu juga dengan kulinernya sendiri. Saat Live Instagram, Sandiaga Uno juga menanyakan tentang kuliner yang menjadi favorit Arya Saloka yang ternyata gudeg khas Yogyakarta, gudeg Yu Djum.

Gudeg adalah kuliner khas Yogyakarta berupa nangka muda yang dimasak dengan bumbu rempah santan. Gudeg dikenal dengan cita rasanya yang manis. Gudeg di Yogyakarta dikenal dengan versi semi basah dan kering atau garing.

Salah satunya yang populer adalah gudeg Yu Djum yang digemari Arya Saloka. Ternyata Sandiaga Uno pun juga langganan Gudeg Yu DJum selama puluhan, tepatnya sejak 30 tahun yang lalu. Menurut Sandiaga Uno, Gudeg Yu Djum merupakan gudeg terenak yang pernah ia temui.

"Gudeg Yu Djum adalah salah satu usaha kuliner di Yogyakarta yang sangat terkenal dengan cita rasa gudegnya yang luar biasa enaknya," ujar Sandiaga Uno.

Baca Juga: 5 Gudeg Legendaris di Yogyakarta, Ada Gudeg Bu Tinah dan Yu Djum

Arya Saloka dan Sandiaga Uno Penggemar Gudeg Yu Djum yang LegendarisArya Saloka dan Sandiaga Uno Penggemar Gudeg Yu Djum yang Legendaris Foto: Instagram/iStock

Gudeg Yu Djum sendiri memang terkenal legendaris. Warung Gudeg Yu Djum sudah berdiri sejak tahun 1951. Warungnya didirikan pertama kali oleh Djuwariah.

Sejak kecil, Djuwariah memang sudah bercita-cita untuk memiliki warung gudeg sendiri. Bahkan ia sampai menjual rumput untuk pakan ternak ke tetangganya sebagai modal awal.

Hingga akhirnya ia berhasil mendirikan warung gudeg miliknya sendiri. Seporsi gudeg Yu Djum dilengkapi dengan krecek pedas, ayam dan telur bumbu gudeg.

Pada 2016 lalu, pendiri gudeg Yu Djum wafat di usia 85 tahun karena sakit. Sepeninggal Yu Djum, kini warung gudeg tersebut diteruskan oleh anak-anak dan cucu-cucunya.

Meskipun telah ditinggal sang pendiri, tetapi kelezatan Gudeg Yu Djum masih konsisten. Bahkan gudeg ini disukai banyak orang dari berbagai kalangan.

Selain aktor Arya Saloka dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani pun mengakui kelezatan Gudeg Yu Djum. Sri Mulyani memang terkenal sebagai penggemar gudeg.

Baca Juga: Mbak Tum: Gudeg Koyor dan Lontong Opor Enak di Semarang Sejak 1991



Simak Video "Cobain Makan Siang di Warung Nasi Depan Rumah Sandiaga Uno"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT