5 Gudeg Legendaris di Yogyakarta, Ada Gudeg Bu Tinah dan Yu Djum

Riska Fitria - detikFood Selasa, 14 Jul 2020 16:00 WIB
gudeg bu tinah Gudeg legendaris di Yogyakarta Foto: Riska Fitria/ dok. detikFood
Jakarta -

Yogyakarta merupakan kota gudeg. Ada banyak warung gudeg legendaris di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari gudeg Mbah Lindu hingga gudeg Yu Djum.

Gudeg merupakan makanan tradisional khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu hingga warnanya cokelat gelap. Beberapa ini pencinta gudeg tengah berduka atas kepergian Mbah Lindu, pemilik warung gudeg legendaris di Yogyakarta.

Menilik tentang sejarah gudeg Mbah Lindu, warung tersebut sudah beroperasi sejak 1940-an. Maka tak heran gudegnya terkenal legendaris dan banyak diburu oleh pencintanya. Selain Mbah Lindu, Yogyakarta juga terdapat warung gudeg legendaris lainnya.

Masing-masing warung gudeg tersebut memiliki perbedaan dan menjadi ciri khas tersendiri. Warung-warung gudeg tersebut juga menjadi destinasi wisata kuliner bagi wisatawan. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau.

Berikut 5 gudeg Legendaris di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi.

1. Gudeg Mbah Lindu

gudeg mbah lindu yogyakartagudeg mbah lindu yogyakarta Foto: Lusiana/detikfood

Gudeg Mbah Lindu merupakan salah satu gudeg legendaris di Yogyakarta yang sangat populer. Mbah Lindu sang pemilik warung sudah mulai berjualan gudeg sejak usianya 13 tahun, tepatnya sejak tahun 1940-an. Karenanya Gudeg Mbah Lindu ini telah melewati beberapa zaman.

Selain itu, gudeg Mbah Lindu ini disebut sebagai gudeg tertua di Yogyakarta. Sejak pertama kali buka, citarasa yang ditawarkan pada gudeg buatan Mbah Lindu ini tidak pernah sedikit pun. Pada proses memasaknya, Mbah Lindu melakukan dengan cara tradisional, yaitu menggunakan tungku batu dan kayu bakar.

Warung gudegnya berada di kawasan Sosrowijaya. Warung tersebut mulai beroperasi sejak pukul 05.00 hingga 10.000. Untuk satu porsi gudeg di sini dibanderol dengan harga terjangkau, yakni sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

Meski gudeg merupakan makanan tradisional, tetapi pelanggan di warung Mbah Lindu ini datang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Kini Mbah Lindu telah berpulang, tetapi gudeg buatannya tidak akan dilupakan oleh pencintanya.

Baca Juga : 5 Fakta Sejarah Gudeg Mbah Lindu yang Lezatnya Legendaris

2. Gudeg Yu Djum

GudegGudeg Foto: Getty Images/iStockphoto/Lutfi Hanafi

Selain gudeg Mbah Lindu, juga ada gudeg Yu Djum yang dikenal legendaris. Warungnya sudah beroperasi sejak Yu Djum berusia 17 tahun. Gudeg yang ditawarkan oleh Yu Djum ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu gudegnya yang kering, berwarna coklat kemerahan dengan rasa manis.

Gudeg tersebut juga dimasak dengan cara tradisional, sehingga terasa autentik. Warung gudeg legendaris ini berlokasi di Jl Wijilan, tepatnya di sebelah utara Universitas Gadjah Mada (UGM). Untuk satu porsi gudeg di sini dibanderol dengan harga sekitar Rp 10.000-an.

Gudeg Yu Djum juga tak kalah populer, maka tak heran warungnya sering dijadikan sebagai destinasi wisata kuliner. Banyak dari wisatawan yang datang ke Yogyakarta penasaran dengan rasa gudegnya. Gudeg legendaris ini juga telah ditinggal sang pemilik pada 2016 lalu. Namun, rasa gudegnya tetap menjadi favorit.

3. Gudeg Mercon Bu Tinah

gudeg bu tinahgudeg bu tinah Foto: Riska Fitria/ dok. detikFood

Gudeg Mercon Bu Tinah juga disebut sebagai gudeg legendaris di Yogyakarta, karena sudah beroperasi sejak tahun 1992. Sang pemilik dikenal dengan nama Ngatinah. Gudeg yang ditawarkan di sini juga memiliki ciri khas tersendiri.

Ciri khasnya adalah ada perpaduan rasa manis dan rasa pedas. Oleh karena itu, gudeg ini disebut-sebut cocok untuk pencinta rasa pedas. Rasa pedas yang ditawarkan membuat Ngatinah memberi julukan 'mercon' pada olahan gudeg yang dijual.

Selain itu, Ngatinah juga menawarkan berbagai pilihan lauk sebagai pelengkap. Lauknya ada mulai dari ayam, ceker, telur, goreng dan masih banyak lagi. Satu porsi gudeg ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Lokasinya dapat ditemui di Jl. Asem Gede No.8, Yogyakarta.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Unik! Ketika Pizza Bertemu Gudeg"
[Gambas:Video 20detik]