Tinggal di Amerika, WNI Ini Ungkap Harga Daun Salam dan Kunyit Selangit!

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 22 Des 2021 18:30 WIB
Harga Bumbu Dapur di Amerika Selangit! Foto: TikTok/selphiebong
Jakarta -

Sebagai warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri pasti ada beberapa hal yang harus disesuaikan. Seperti WNI ini yang mengungkap mahalnya bumbu dapur di Amerika.

Tinggal jauh di negeri orang tentunya harus melakukan banyak penyesuaian. Misalnya kebiasaan makan, selera, hingga cara hidup dan kebiasaan lainnya agar tidak menyulitkan diri sendiri.

Memiliki iklim dan tanah yang berbeda membuat beberapa negara tidak memiliki sumber daya alam yang sama dengan negara lainnya. Dampaknya beberapa bahan makanan dijual dengan harga yang lebih mahal.

Hal ini dibenarkan oleh seorang warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Amerika Serikat. Berkunjung ke sebuah supermarket, dirinya mengungkapkan harga-harga bumbu dapur yang murah di Indonesia tetapi mahal harganya di Amerika.

Baca juga: Arya Saloka 'Ikatan Cinta' Bisnis Roti Gulung, Begini Tampilan dan Rasanya

Harga Bumbu Dapur di Amerika Selangit!Harga Bumbu Dapur di Amerika Selangit! Foto: TikTok/selphiebong

Melalui unggahan video pada akun TikTok @stephaniebong (14/12), Stephanie menunjukkan harga bumbu dapur yang dijual di Amerika saat dirinya tengah berbelanja ke supermarket. Ada sereh, daun jeruk nipis, daun salam segar, daun bawang kucai, kunyit hingga jahe yang dibanderol dengan harga yang begitu mahal.

"Ini ada sereh, sebatang segini harganya 3 dollar atau Rp 45 ribu. Ini daun jeruk nipis harganya Rp 60 ribu. Segini, sedikit gini," kata Selphie.

Menjelajahi seluruh bagian supermarket, Selphie juga memperlihatkan harga daun salam yang mahal, tetapi jumlah yang didapatkan hanya sedikit. Dirinya juga mengatakan bahwa orang Indonesia di Amerika, jika ingin memasak rendang akan menghemat penggunaan daun salam karena harganya yang terlalu mahal.

"Nah ini, bay leaf atau daun salam harganya Rp 45 ribu segini doang. Kalo kalian mau bikin rendang, di sini tuh daun salam disayang-sayang," kata Selphie.

Baca juga: Wow! Nasi Padang dan Es Teh Dijual Rp 248 Ribu di London

Harga Bumbu Dapur di Amerika Selangit!Harga Bumbu Dapur di Amerika Selangit! Foto: TikTok/selphiebong

Namun ada yang lebih mengejutkan. Beberapa bumbu dapur seperti kunyit dan jahe dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Bahkan untuk ukuran setengah kilo saja, kunyit dan jahe ini dibanderol hingga ratusan ribu rupiah.

"Yang fantastis tuh ada ini, kunyit setengah kilogram harganya 15 dollar atau sekitar Rp 200 ribu. Kalau jahe harganya sekitar Rp 60 ribu," kata Selphie.

Saat dilihat oleh detikcom (21/12) unggahan Selphie ini telah ditonton lebih dari 1,2 juta kali oleh netizen TikTok. Lebih dari 3 ribu komentar terlihat memenuhi unggahan tersebut.

"(kalau di sini) Daun jeruk tinggal assalamualaikum bilang ke tetangga minta 2 lembar," tulis akun @afinirk.

"Tukang bumbu dapur kalau jualan di sana uto kaya kali ya," tulis akun @akupacarjennie.

Baca juga: 6 Menu Diet untuk Membentuk Otot ala Atlet UFC Conor McGregor



Simak Video "Pembukaan Subway Indonesia yang Timbulkan Antrean Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
Eureka
×
Misteri Multiverse
Misteri Multiverse Selengkapnya