ADVERTISEMENT

Tak Terima Dapat Review Buruk, Pemilik Resto Ini Marah hingga Tuntut Pelanggan

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 18 Des 2021 18:00 WIB
Tak Terima Dapat Review Buruk, Pemilik Resto Ini Marah hingga Tuntut Pelanggan
Foto: iStock
Jakarta -

Pelanggan restoran sering berikan review buruk pada restoran berdasarkan pengalaman bersantap. Namun, beberapa pemilik restoran ini justru tak terima bahkan menuntut.

Penilaian atau rating sebuah restoran sangat penting bagi pemiliknya. Penilaian itu bisa berupa testimoni dari pelanggan yang telah mencicipi makanan di restoran tersebut.

Jadi, pemilik restoran juga bisa mengetahui apa yang kurang dari pelayanannya. Selain itu, penilaian juga bisa berpengaruh pada keputusan pelanggan akankah memesan lagi atau tidak.

Terkadang ulasan buruk menjadi penghambat pelanggan lain untuk memesan makanan. Maka tak heran jika tak sedikit pemilik restoran tak terima ketika mendapatkan ulasan buruk.

Tak tanggung-tanggung, bahkan mereka sampai membalas pelanggannya tersebut dengan berbagai cara. Ada yang mengatakan bodoh bahkan ada pula yang sampai dituntut.

Berikut 4 kejadian pemilik restoran tak terima dapat ulasan buruk:

1. Menyebut Pelanggan 'Bodoh'

Tak Terima Dapat Review Buruk, Pemilik Resto Ini Marah hingga Tuntut PelangganTak Terima Dapat Review Buruk, Pemilik Resto Ini Marah hingga Tuntut Pelanggan Foto: Facebook

Restoran bernama Oriental Express yang ada di Leeds, Inggris pernah jadi perbincangan publik setelah ada seorang pelanggan yang memberikan ulasan buruk di situs review.

Karena kejadian itu membuat Alice Cheung turun tangan dan menanggapi ulasan buruk dari pelanggannya tersebut. Sebab selama ini, restoran miliknya dikenal memiliki peringkat bintang lima.

Alice mengatakan kebanyakan ulasan buruk yang diberikan tidak masuk akal. Seperti ketika seorang pelanggan memesan pake vegetarian, tapi ia mengeluh karena tidak ada daging.

"Coba bayangkan mana ada vegetarian pakai daging?," ujar Alice seperti yang dikutip dari Ladible (30/03).

Ada pula seorang pelanggan yang menelepon meminta makanan gratis. Lalu, mereka meninggalkan ulasan buruk di Google. Karena itulah Alice menjadi geram dan mengatakan 'bodoh'.

Baca Juga: Viral! Pemilik Resto Balas Review Negatif Pelanggan dengan Kalimat Menohok

2. Menuntut Pelanggan

Tak Terima Dapat Review Buruk, Pemilik Resto Ini Marah hingga Tuntut PelangganTak Terima Dapat Review Buruk, Pemilik Resto Ini Marah hingga Tuntut Pelanggan Foto: iStock

Mendapat ulasan buruk juga pernah dialami oleh restoran JyuJyu-Tei by Nihon Shoku. Restoran tersebut berada di Malaysia. Saat itu, ada pelanggan yang memberikan ulasan buruk.

Ulasan tersebut disampaikan oleh pelanggan wanita bernama Gladys Chi Mun lewat unggahan di Facebook. Hal itu berawal dari Gladys yang saat itu makan di restoran.

Menurutnya, makanan di restoran itu tidak sebanding dengan harganya yang mahal. Seafood yang disajikan tidak segar, sehingga menyebabkan pacarnya alergi.

Dilaporkan dari World of Buzz (11/12/20), pemilik restoran pun mengancam Galdys, jika tidak segera menghapus unggahan maka ia akan menuntutnya.

Namun, Gladys menolak untuk menghapus. Sebagai konsumen, Gladys merasa berhak mengeluarkan pendapatnya. Apalagi pendapatnya tersebut dibagikan di lamanFacebook miliknya sendiri.

3. Hapus Ulasan Buruk

Tak Terima Dapat Review Buruk, Pemilik Resto Ini Marah hingga Tuntut PelangganTak Terima Dapat Review Buruk, Pemilik Resto Ini Marah hingga Tuntut Pelanggan Foto: Instagram

Restoran Salt Bae milik Chef Nusr Et dikenal sebagai restoran yang mewah. Namun, siapa sangka restoran tersebut juga pernah mendapat penilaian buruk dari pelanggannya.

Hal ini terjadi di salah restorannya yang berada di London, Inggris. Berawal dari seorang pelanggan bernama Muttagi yang mengunggah foto bill dengan total Rp 35 juta.

Menurutnya harga tersebut terlalu mahal. Ia membandingkan bahwa harga lebih murah ketika ia membeli tiket pesawat ke Turki untuk makan steak di restoran Salt Bae.

Ternyata banyak pelanggan yang mengalami hal serupa dan meninggalkan komentar buruk di Google Review. Namun, pihak restoran menghapus ulasan buruk tersebut.

Baca Juga: Duh! Ketahuan Restoran Salt Bae Hapus Ulasan Buruk dari Pengunjung Soal Makanannya

3. Dibalas dengan Kalimat Menohok

Restoran Maximo di Italia pun pernah mengalami hal serupa. Berawal dari seorang pelanggan bernama Zwelithini M menuliskan ulasan buruk di situs Tripadvisor.

Pelanggan itu merasa kecewa karena ketika ia meminta keju pada hidangan seafood tidak dikabulkan oleh pelayan di sana. Setelah sampai di rumah ia pun menelepon restoran dan menyampaikan protes.

Massimo Donato selaku pemilik restoran menjelaskan dengan kalimat menohok. Ia mengatakan ketika makan di restoran jangan sekali-kali meminta bumbu atau tambahan.

Karena hal itu bisa menyinggung perasaan para chef yang memasak. Menurutnya, makanan yang disajikan chef adalah yang autentik. Jadi, pelanggan tidak perlu menambahkan apapun.

"Perlu diketahui jangan pernah meminta nanas di pizza, menambahkan cream ke carbonara, meminta pasta Alfredo dalam jenis apapun, itu menyinggung chef," ujarnya.

4. Dibalas dengan Kalimat Sarkas

Tak Terima Dapat Review Buruk, Pemilik Resto Ini Marah hingga Tuntut PelangganTak Terima Dapat Review Buruk, Pemilik Resto Ini Marah hingga Tuntut Pelanggan Foto: Twitter

Kejadian ini juga dialami oleh penjual makanan di Indonesia, yakni penjual martabak. Kejadian ini belakangan viral setelah dibagikan lewat akun Twitter @txtdarionlshop.

Awalnya ada seorang pelanggan yang memesan martabak melalui ojek online. Kemudian ia memberi bintang 3 pada aplikasi ojek onlinenya. Hal itulah yang membuat pemilik gerai kesal.

"Saya pesan martabak telur bebek 3 tapi kok tipis ya," tulisnya.

Pemilik gerai martabak itu langsung membalas komentar tersebut di aplikasinya. Kalimat balasannya pun sarkas tapi sekaligus kocak.

"Mau tebal pake buku sejarah kak," tulisnya.

Baca Juga: Food Vlogger Kena Getok Harga, Bayar Rp 500 Ribu untuk Kulit Babi Guling



Simak Video "Masakan Manado Halal di Serpong Ini Ludes Terjual dalam 3 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT