Berkat Diet Defisit Kalori, Pria Ini Turun BB hingga 27 Kilogram

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 16 Des 2021 11:30 WIB
Diet Defisit Kalori untuk Kurangi Berat Badan, Ini Aturan dan Menunya Foto: Getty Images/iStockphoto/KarinaUrmantseva
Jakarta -

Menjaga pola makan serta menyeimbangkan aktivitas tubuh menjadi kunci keberhasilan diet. Jalani diet defisit kalori, pria ini berhasil turunkan berat badan hingga 27 kilogram!

Mengalami obesitas dan berusaha mengatasinya bukan hal yang mudah. Mengubah kebiasaan dan pola makan menjadi lebih sehat tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Perlu komitmen kuat dan kemauan yang keras untuk bisa mendapat tubuh yang proporsional dan lebih sehat. Sebenarnya banyak sekali pola diet yang bisa ditiru dan dijalankan tetapi kemauan dan komitmen tetap menjadi yang paling utama.

Mengatur pola makan menjadi lebih sehat dan meningkatkan intensitas berolahraga dilakukan pria yang mengalami obesitas ini. Tidak disangka hasil komitmen dan kerja kerasnya berujung begitu memuaskan.

Baca juga: Duh! Tamu di Resto Gordon Ramsay Terpaksa Bayar Rp 8,8 Juta karena Hal Ini

Diet Defisit Kalori untuk Kurangi Berat Badan, Ini Aturan dan MenunyaFoto: Getty Images/iStockphoto/KarinaUrmantseva

Mengutip Times of India (14/12), seorang pria bernama Md Shayan sebelumnya mengalami obesitas yang luar biasa sulit untuk diatasi. Pada usia 22 tahun dengan tinggi badan 175 centimeter dirinya memiliki bobot hingga 95 kilogram.

Ia mengaku saat obesitas, rasa percaya dirinya hancur. Bahan ia sempat menjadi bahan rundungan (bully) ketika memiliki berat badan badan berlebih yang tidak normal.

Menjalani diet defisit kalori, Shayan juga mengimbanginya dengan olahraga rutin dan cukup berat. Tidak disangka, hasil kerja kerasnya selama enam bulan bisa membawa berat badannya turun menjadi 68 kilogram.

Shayan juga mengganti menu makannya menjadi yang lebih sehat. Saat sarapan ia akan mengonsumsi roti dan omelet, saat makan siang dirinya akan mengonsumsi sayuran dengan oatmeal kemudian saat makan malam Shayan akan mengonsumsi ayam tanpa lemak.

Baca juga: Duh! Bocah Ini Pesan Gelato Online Sampai Rp 17 Juta Pakai Akun Ayahnya

Diet Defisit Kalori untuk Kurangi Berat Badan, Ini Aturan dan MenunyaFoto: Getty Images/iStockphoto/KarinaUrmantseva

Sebelum memulai olahraga kardio yang dilakukannya setiap hari selama 20 menit, Shayan akan mengonsumsi satu cangkir kopi hitam alami tanpa penambahan pemanis dalam bentuk apapun. Setelahnya, ia akan mengonsumsi whey protein untuk memulihkan dan menjaga massa ototnya.

Menjalani diet defisit kalori membuat Shayan juga harus mempertimbangkan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuhnya. Mengonsumsi kalori dalam jumlah sedikit dan membakar kalori sebanyak-banyaknya adalah hal yang harus dilakukan Shayan untuk menurunkan berat badannya yang tak sehat tersebut.

Dalam menjalankan diet ini diakui oleh Shayan tantangan terberatnya justru tidak adanya dukungan dan motivasi serta beberapa komentar yang dilayangkan dari orang terdekatnya. Pada awal dietnya ia mengaku masih mendapatkan ejekan dan bully karena dinilai sudah melakukan diet dan banyak olahraga tetapi tidak mengalami penurunan berat badan.

Tetapi saat hari pertama dirinya berkomitmen untuk diet, Shayan juga berkomitmen untuk tidak mendengarkan apa yang dibicarakan orang lain. Bahkan untuk menjaga agar makanannya tetap sehat, Shayan akan memasak sendiri semua menu setiap hari.

Baca juga: Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini



Simak Video "Bikin Laper: All You Can Eat Murah di Warung Bang Panjul"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com