15 Restoran Bintang Michelin Termahal di Dunia, Harga Menunya Rp 25 Juta!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 14 Des 2021 17:00 WIB
15 Restoran Bintang Michelin Termahal di Dunia, Harga Menunya Rp 25 Juta! Foto: Chef's Pencil
Jakarta -

Restoran bintang Michelin identik dengan harga makanan yang mahal. Untuk kategori paling mahal di dunia, 15 restoran bintang Michelin berikut ini yang mendudukinya.

Bintang Michelin adalah sebuah penghargaan bergengsi yang bisa didapat restoran-restoran fine dining di banyak negara. Penilaian bintang 1, 2, hingga 3 menunjukkan seberapa berkualitas makanan dan suasana bersantap yang dihadirkan sebuah restoran.

Tak mudah bagi sebuah restoran bisa mendapat bintang Michelin. Inspektur Michelin Guide akan menilai diam-diam lebih dulu sebelum memutuskan apakah sebuah restoran layak mendapat bintang Michelin atau tidak?

Jika ya, nantinya restoran akan masuk dalam panduan kuliner bergengsi, Michelin Guide. banyak chef dan pebisnis restoranpun begitu mengincar bintang bergengsi ini.

Restoran pemilik bintang Michelin biasanya membanderol menunya dengan harga mahal. Mereka menyuguhkan dalam bentuk 'tasting course' dengan jumlah 8-12 menu.

Dari banyaknya restoran yang sudah meraihnya, ini dia 15 restoran bintang Michelin termahal di dunia seperti dirangkum Chef's Pencil (1/12/21). Ia mendasarkan penilaiannya pada harga 'full-tasting course' termahal.

1. Sublimition

15 Restoran Bintang Michelin Termahal di Dunia, Harga Menunya Rp 25 Juta!15 Restoran Bintang Michelin Termahal di Dunia, Harga Menunya Rp 25 Juta! Foto: Chef's Pencil

Di Ibiza, Spanyol, ada restoran bintang Michelin yang amat terkenal. Namanya Sublimition dengan biaya bersantapnya mencapai USD 1740 per kepala atau hampir Rp 25 juta.

Pengalaman bersantap di sini benar-benar istimewa karena menggabungkan unsur digital dan virtual. Nantinya bakal ada cyber-chef yang memasak di hadapan pengunjung dan menyajikan makanan enak.

2. Ultraviolet by Paul Pairet

Bergeser ke Shanghai, China, kamu bisa bersantap di restoran Ultraviolet by Paul Pairet. Namun siapkan kocek tebal ya karena harga bersantapnya USD 1422 per kepala atau sekitar Rp 20,3 juta.

Seperti halnya Sublimition, restoran ini memadukan unsur gastronomi dan teknologi visual demi menghadirkan pengalaman bersantap istimewa. Indera pengecap, penciuman, dan penglihatan pengunjung bakal dimanjakan. Menu-menunya juga unik seperti foie gras cigarettes dan moon cake berisi bahan-bahan makanan tradisional Prancis.

3. Kitcho Arashiyama Honten

15 Restoran Bintang Michelin Termahal di Dunia, Harga Menunya Rp 25 Juta!15 Restoran Bintang Michelin Termahal di Dunia, Harga Menunya Rp 25 Juta! Foto: Chef's Pencil

Beberapa restoran bintang Michelin juga bisa kamu temukan di Jepang. Salah satunya berlokasi di Kyoto, Kitcho Arashiyama Honten yang membanderol harga bersantapnya USD 910 atau sekitar Rp 13 juta.

Masuk ke sini, kamu bakal merasakan suasana Jepang tradisional. Arsitektur bangunannya sengaja dibuat seperti zaman dulu, lengkap dengan pemandangan kebun yang keren. Mengenai menunya, Kitcho Arashiyama Honten menggunakan bahan-bahan segar musiman. Misalnya saja lobak liar hingga lobster ise-ebi.

4. Azabu Kadowaki

Masih di Jepang, ada restoran Azabu Kadowaki di Tokyo yang mematok harga USD 825 (Rp 11,8 juta) untuk bersantap. Restoran ini 'mengangkat' masakan tradisional Jepang melalui penggunaan teknik gastronomi modern dan bahan-bahan internasional.

Pengunjung bisa melihat chef membuat makanan mereka di panggangan arang terbuka. Chef kelas dunia, Toshiya Kadowaki juga memastikan tiap pengunjung memiliki pengalaman bersantap terbaik dengan menyajikan tiap menu menggunakan tembikar Jepang yang dibuat dengan rumit dan memiliki desain yang indah.

5. Masa

15 Restoran Bintang Michelin Termahal di Dunia, Harga Menunya Rp 25 Juta!15 Restoran Bintang Michelin Termahal di Dunia, Harga Menunya Rp 25 Juta! Foto: Chef's Pencil

Bergeser ke New York City, Amerika Serikat, restoran Masa mematok biaya bersantap USD 800 (Rp 11,4 juta) per kepala. Restoran ini menyajikan makanan Jepang. Head chef-nya yang bernama Masayoshi Takayama besar dengan bekerja di pasar ikan milik keluarganya di Jepang.

Kecintaannya pada seafood segar membawa Takayama membuka Masa di New York City. Menu andalannya adalah berbagai kreasi sushi yang dibuat sendiri langsung olehnya.

Di mana lagi ya restoran bintang Michelin termahal di dunia? Kamu bisa melihat daftarnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com