Jadi Garam Andalan Salt Bae, Ini 5 Fakta Menarik Garam Maldon

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 13 Des 2021 16:00 WIB
10 Potret Jadul Salt Bae Sebelum Jadi Celebrity Chef Terkenal
Foto: Instagram nusr_et

3. Rasa garam maldon

Fine Dining Lovers (13/1/21) menjelaskan garam maldon seperti garam lainnya yang terbuat dari senyawa kimia bernama natrium klorida, namun garam ini mengandung kombinasi unik dan khas dari elemen air laut di Maldon.

Elemen inilah yang menghadirkan rasa istimewa pada garam maldon. Konon rasanya begitu bersih, segar, dan unik. Rasa asinnya tergolong ringan dan menggugah selera dengan sentuhan sedikit manis. Rasa asin garam ini disebut-sebut tidak merusak rasa hidangan utama.

Bentuk garam maldon yang seperti piramida juga jadi poin plus tersendiri. Tekstur renyahnya disebut-sebut sangat enak.

Mengenai penggunaannya, garam maldon disebut produsennya serba guna karena bisa ditambahkan kapanpun dalam proses masak. Salah satunya di akhir seperti yang dilakukan Salt Bae. Ia 'melempar' garam maldon ke potongan steak yang siap disajikan ke pelanggan.

4. Cara terbaik menggunakan garam maldon

Jadi Garam Andalan Salt Bae, Ini 5 Fakta Menarik Garam MaldonJadi Garam Andalan Salt Bae, Ini 5 Fakta Menarik Garam Maldon Foto: Getty Images/iStockphoto/Quanthem

Semua hidangan terasa lebih enak dengan tambahan garam, termasuk garam maldon. Garam artisan ini bisa kamu tambahkan ke tumisan sayuran, daging panggang dan steak, ikan, salad, hingga telur orak-arik.

Namun Fine Dining Lovers lebih menyarankan penambahan garam maldon di akhir proses masak untuk mendapat rasa dan teksturnya yang maksimal.

Selain hidangan gurih, garam maldon juga bisa ditambahkan ke dalam makanan manis seperti brownies dan cookies. Penggemar cocktail bahkan bisa menambahkan garam maldon di bibir-bibir gelas untuk memberi sentuhan rasa berbeda.

5. Beda garam maldon dan garam himalaya

Membicarakan garam berkualitas tak bisa meninggalkan garam himalaya atau Himalayan Salt. Namun garam ini berbeda dengan garam maldon.

Garam himalaya didapat dengan cara ditambang, bukan diekstrak melalui proses evaporasi seperti garam maldon. Karenanya garam himalaya digolongkan sebagai garam kasar (rock salt) sedangkan garam manor sebagai garam laut (sea salt).

Meski begitu, garam himalaya juga mengandung banyak mineral berbeda yang membuat profil rasanya unik. Salah satunya zat besi yang membuat garam ini berwarna pink. Sementara untuk rasa, garam himalaya tidak memiliki kisaran rasa yang sama seperti garam maldon, yang menawarkan jenis 'smoked' untuk pilihan berbeda.



Simak Video "Ini Cara Membuat Garam Tradisional di NTT"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)