Hebat! Warga Sumatera Barat Sumbang Rendang 6 Ton untuk Korban Erupsi Semeru

Diah Afrilian - detikFood Senin, 13 Des 2021 13:00 WIB
Dharmasraya Kirim 6 Ton Rendang utnuk Korban Erupsi Semeru Foto: Twitter/BungHaris3
Jakarta -

Korban erupsi gunung Semeru masih begitu berduka. Peduli dengan kesulitan yang dialami, masyarakat kabupaten Dharmasraya di Sumatera Barat mengirim 6 ton rendang untuk pengungsi.

Erupsi gunung Semeru yang terjadi beberapa waktu lalu berdampak hebat pada kehidupan masyarakat di sana. Banyak penduduk harus meregang nyawa karena tak sempat menyelamatkan diri. Sebagian lagi berbondong-bondong menunju tempat yang lebih aman.

Bantuan masih terus dikucurkan oleh seluruh masyarakat Indonesia kepada para pengungsi yang sedang tak berdaya. Mulai dari bantuan dana, pangan, pakaian hingga berbagai bentuk bantuan lainnya.

Turut berduka atas kejadian erupsi gunung Semeru yang memakan banyak korban jiwa, masyarakat kabupaten Dharmasraya tak tinggal diam. Sebuah kabupaten yang berada di provinsi Sumatera Barat ini bahkan bergotong royong mengirim bantuan pangan untuk pengungsi korban erupsi Semeru.

Baca juga: Usai Erupsi Semeru, Warga Ini Tengok Nasib Cilok Dagangannya

Dharmasraya Kirim 6 Ton Rendang utnuk Korban Erupsi SemeruDharmasraya Kirim 6 Ton Rendang utnuk Korban Erupsi Semeru Foto: Twitter/BungHaris3

Mengutip unggahan video pada akun Twitter @BungHaris3 (11/12), ditampilkan segenap masyarakat Dharmasraya tengah sibuk memasak rendang dalam jumlah yang begitu banyak. DIprakarsai oleh pemerintah Kabupaten Dharmasraya bersama Bundo Kanduang, kegiatan memasak rendang ini ditujukan untuk membantu para korban erupsi gunung Semeru.

"Proses pembuatan rendang secara massal di ranah Minang yang akan dikirim untuk korban bencana erupsi gunung Semeru," tulis keterangan Haris dalam unggahan videonya.

Kegiatan memasak rendang secara massal ini dilakukan di halaman Sentral Logam, Kabupaten Dharmasraya. Menggunakan peralatan masak tradisional dan dimasak masih dengan cara tradisional, sejumlah enam ton rendang telah disiapkan dan bakal dikirim ke Kabupaten Lumajang secara bertahap.

Menurut pernyataan yang disampaikan Haris, kegiatan memasak rendang yang dilakukan ini hanya untuk satu ton rendang saja. Sebelumnya masyarakat Dharmasraya telah berhasil mengirimkan lima ton rendang untuk para pengungsi gunung Semeru.

Baca juga: Lagi Hits! 4 Momen Netizen Indonesia Racik Makanan di Minimarket

Dharmasraya Kirim 6 Ton Rendang utnuk Korban Erupsi SemeruDharmasraya Kirim 6 Ton Rendang utnuk Korban Erupsi Semeru Foto: Twitter/BungHaris3

"Memasak rendang secara masal sebanyak satu ton oleh Bundo Kanduang Dharmasraya ini merupakan bentuk perhatian dari masyarakat Dharmasraya untuk saudara kita di kabupaten Lumajang yang terkena erupsi gunung Semeru. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban saudara kita di Lumajang," kata Sutan Riska Tuanku Kerajaan selaku bupati Dharmasraya.

Menurut informasi yang didapat detikcom (12/12), daging-daging yang digunakan dalam acara merendang massal ini dikumpulkan hanya dari wilayah Dharmasraya saja. Isian rendang tersebut juga dilengkapi irisan kecil hati sapi.

Perbandingan antara daging dan hati sapi yang digunakan adalah sebanyak 1 kilogram daging sapi dicampur dengan 1/4 kilogram hati sapi. Bahkan dalam pemasakannya, satu ton rendang setidaknya membutuhkan 4.000 butir kelapa. Kegiatan ini bukan yang pertama kalinya dilaksanakan oleh Dharmasraya dan provinsi Sumatera Barat untuk membantu korban bencana.

"Sebelumnya di setiap kejadian bencana telah dikirim dari Sumatera Barat ber ton-ton rendang ke daerah bencana. Misalnya juga dari beberapa daerah lain di Sumatera Barat seperti Padang dan sebagainya," ungkap Haris kepada detikcom (12/12).

Baca juga: 5 Tips Diet Megan Domani yang Tetap Ramping Meski Makan banyak



Simak Video "Bikin Laper: All You Can Eat Murah di Warung Bang Panjul"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com