Usai Erupsi Semeru, Warga Ini Tengok Nasib Cilok Dagangannya

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 10 Des 2021 19:00 WIB
Kondisi Dagangan CIlok Pasca Erupsi Semeru Foto: TikTok/sulaiman2719
Jakarta -

Jadi korban erupsi gunung Semeru, rumah warga ini luluh lantak. Tengoki rumahnya usai erupsi, ia menemukan sisa cilok dagangannya jadi seperti ini.

Erupsi gunung Semeru yang terjadi beberapa waktu lalu memang cukup menggemparkan. Lahar panas dan abu vulkaniknya habis menggulung dan menyelimuti pemukiman dii sekitar gunung Semeru.

Setelah beberapa hari dilewati dan dinyatakan aman, masyarakat sekitar Semeru akhirnya diperbolehkan untuk melihat kembali kondisi rumah mereka yang telah tertimbun abu vulkanik. Pemukiman warga yang kini sudah rata dengan warna abu-abu terlihat begitu menyedihkan.

Satu per satu warga kini telah melihat kondisi rumahnya dan mengumpulkan semua barang berharga yang masih bisa diselamatkan. Salah satunya adalah penjual cilok di kawasan gunung Semeru yang ketika pulang, ia menemukan kondisi cilok sisa dagangannya sudah begitu menyedihkan.

Baca juga: Duh! Tamu di Resto Gordon Ramsay Terpaksa Bayar Rp 8,8 Juta karena Hal Ini

Kondisi Dagangan CIlok Pasca Erupsi SemeruKondisi Dagangan CIlok Pasca Erupsi Semeru Foto: TikTok/sulaiman2719

Mengutip TikTok @sulaiman2719 (9/12), terlihat beberapa warga tengah mengunjungi rumahnya. Salah satunya merupakan warga yang sehari-harinya berjualan cilok di kawasan pemukiman tersebut.

"Cilok korban semeru," tulis keterangan dalam video tersebut.

Etalase, kompor hingga, panci cilok yang terekam dalam video terlihat sudah ditutupi dengan abu vulkanik tebal. Beberapa bagian mejanya bahkan terlihat menghitam karena habis terbakar awan panas saat erupsi.

Dalam video terlihat juga masih tertinggal sebuah mangkuk yang warnanya juga berubah. Diselimuti debu-debu tebal dan menghitam, diperkirakan mangkuk tersebut masih berada diluar etalase saat erupsi terjadi.

Baca juga: Ngeri! TikToker Ini Ungkap Ada 'Pria Besar' Tutupi Resto hingga Tak Laku

Kondisi Dagangan CIlok Pasca Erupsi SemeruKondisi Dagangan CIlok Pasca Erupsi Semeru Foto: TikTok/sulaiman2719

Saat panci cilok dibuka, isinya sudah sangat berubah. Terlihat cilok-cilok yang terbuat dari tepung kanji tersebut sudah berlendir dan menempel satu sama lainnya. Melihat kondisi cilok yang sudah begitu buruk, warga yang terlibat dalam video tersebut justru menjadikannya gurauan.

"Yang mau cilok sini, sini. Cilok kanji. Sudah campur jamur," kata salah satu warga dalam video.

Unggahan kondisi sisa dagangan cilok yang telah terkena erupsi Semeru ini lantas viral di media sosial. Dilihat oleh detikcom (10/12) video tersebut telah disaksikan lebih dari 2,1 juta kali dengan hampir seribu netizen yang berkomentar menanggapi.

"Jangan mikir negatif, mereka sedang berusaha bahagia di balik penderitaan yang diderita," tulis akun @rmfirdi7.

"Mau ketawa tapi kasian mana masih banyak lagi," tulis akun @wkwkwkwk230.

Baca juga: 5 Tips Diet Meisya Siregar yang Kian Bugar Usai Turun BB 26 Kg



Simak Video "Legitnya Durian Susu di Lereng Gunung Semeru Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com