Dimsum Kekinian

5 Kreasi Dimsum Kekinian, Topping Saus Mentai hingga Dimsum Charcoal

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 10 Des 2021 12:00 WIB
Kyo Dimsum
Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Kini dimsum mudah ditemui dimanapun. Kreasinya juga lebih beragam dengan gaya kekinian. Ada yang ditambahkan topping saus mentai hingga dimsum charcoal.

Dimsum merupakan hidangna klasik khas China yang awal kemunculannya menjadi teman minum teh atau yum cha. Dulu dimsum hanya bisa ditemui di restoran, penyajiannya pun masih klasik.

Kini dimsum makin populer di dunia, termasuk Indonesia. Varian dimsum yang populer di Indonesia adalah shumai, hakau, hingga lumpia. Tak hanya bisa ditemui di restoran, tapi juga penjual kaki lima yang harganya jauh lebih murah.

Semakin populernya dimsum, kreasinya juga makin beragam. Ada kreasi dimsum kekinian yang menawarkan topping saus mentai, keju mozarella, hingga aneka sambal. Dimsum charcoal dan dimsum nori juga jadi kreasi kekinian yang banyak digemari.

Berikut 5 kreasi dimsum kekinian yang banyak digemari.

1. Dimsum Keju Mozzarella

Sate Dimsum hingga Dimsum Mozarella yang MulurDimsum Mozzarella yang Mulur Foto: Bikin Laper TransTV

Hidangan mungil yang berasal dari Canton, China Selatan ini biasanya hanya disajikan dengan saus atau chilli oil (minyak cabe). Namun, kini dimsum tampil lebih kekinian dengan tambahan topping keju mozarella.

Beberapa penjual dimsum menambahkan parutan keju mozzarella di atasnya, kemudian dipanaskan menggunakan alat torch burner hingga meleleh. Ada sensasi rasa gurih dan creamy yang nikmat.

Tak hanya keju mozarella, tapi ada juga penjual dimsum yang menambahkan saus keju. Jadi, dimsum disiram saus keju creamy kental. Varian ini banyak digemari anak muda.

2. Dimsum Saus Mentai

Kyo DimsumKyo Dimsum Foto: detikcom/Riska Fitria

Beberapa waktu lalu hidangan dengan topping saus mentai banyak bermunculan. Mulai dari sushi, baked rice, hingga dimsum. Saus mentai sendiri adalah saus serbaguna yang terbuat dari campuran mayonaise dan telur ikan Pollack Roe.

Saus mentai memiliki rasa yang creamy dan ada sensasi umami dari telur ikan atau biasa disebut mentaiko. Saus ini biasa disajikan di atas dimsum dengan tambahan nori flakes.

Penjual dimsum kekinian banyak yang menawarkan kreasi ini. Seperti Dimsum Si Menur yang sukses tawarkan dimsum saus mentai dengan cita rasa lezat.

Baca Juga: 4 Crazy Rich Muda Belia yang Sukses Bisnis Kuliner