Kecap Jepang Ini Warnanya Bening, Tapi Rasanya Tetap Asin Gurih

Devi Setya - detikFood Kamis, 09 Des 2021 16:00 WIB
Kecap Jepang Ini Warnanya Bening, Tapi Rasanya Tetap Asin Gurih Foto: Japan Today
Jakarta -

Soy sauce atau kecap Jepang biasanya memiliki warna coklat gelap, tapi kecap Jepang yang satu ini warnanya bening. Sekilas mirip air mineral, namun rasanya gurih asin.

Ketika melihat produk kecap Jepang ini pasti banyak yang ragu dan bingung. Kecap Jepang yang biasanya identik dengan warna coklat, kini justru hadir sebagai cairan tanpa warna alias bening.

Di Jepang, kecap ini terbilang bumbu masak yang sangat penting karena ditambahkan sebagai bumbu dalam berbagai makanan. Sebut saja misalnya teriyaki, yakiniku atau saat makan sushi dan sashimi, semua menggunakan tambahan kecap Jepang.

Kecap Jepang Ini Warnanya Bening, Tapi Rasanya Tetap Asin GurihKecap Jepang Ini Warnanya Bening, Tapi Rasanya Tetap Asin Gurih Foto: Japan Today

Dilansir dari Japan Today (9/12) kecap Jepang yang satu ini diklaim tidak akan menyebabkan noda kotoran saat terkena pakaian. Klaim ini benar dan dapat terbukti karena kecap Jepang memiliki warna bening.

Produsen kecap Jepang ternama, Fundo Dai meluncurkan produk kecap Jepang bernama Soy Sauce Transparan. Sebotol kecap Jepang ini dibanderol dengan harga 500 Yen atau setara Rp 63 ribu. Harga yang cukup terjangkau untuk kecap Jepang yang unik ini.

Untuk membuktikan rasanya, seorang wanita bernama Masami mencoba mencicip kecap Jepang ini. Ia hampir saja terkecoh karena warna kecap ini sama persis dengan warna air mineral.

Ia membandingkan rasa kecap Jepang bening ini dengan kecap Jepang original. Ternyata keduanya punya rasa yang sama persis, sama-sama asin dan gurih.

Ia juga mencoba menambahkan Kecap Jepang ini pada makanan. Masami memilih menambahkan kecap Jepang sebagai cocolan sashimi. Ternyata rasanya cocok dan familiar di lidah. Namun otak Masami masih belum menerima bahwa cairan bening ini adalah kecap Jepang.

Karena warnanya bening, ia bahkan menambahkan terlalu banyak kecap Jepang. Meskipun tidak merubah warna asli makanan namun rasanya sangat asin ketika ditambahkan terlalu banyak.

Kecap Jepang Ini Warnanya Bening, Tapi Rasanya Tetap Asin GurihKecap Jepang Ini Warnanya Bening, Tapi Rasanya Tetap Asin Gurih Foto: Japan Today

Kecap Jepang bening ini bisa jadi pilihan untuk siapapun yang mau menikmati makanan tanpa membuat warna makanan berubah.

Produsen kecap Jepang memang selalu mengeluarkan produk terbaru untuk menggaet pelanggan. Sebelumya ada kecap Jepang yang sengaja dibuat bukan untuk makanan asin tetapi untuk topping dessert.

Kecap Jepang yang biasanya terasa asin, justru hadir dengan rasa manis seperti madu. Kecap Jepang ini pun bisa ditambahkan sebagai pelengkap es krim ataupun waffle.



Simak Video "Cetar! Ibu Kantin ITC Mangga Dua Ini Jualan Pakai Bulu Mata 'Anti Badai'"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com