Yummy! Pasta Milenial

Bosan Makan Ramen Biasa? Coba Spaghetti Ramen yang Gurih

Devi Setya - detikFood Rabu, 10 Nov 2021 14:00 WIB
Bosan Makan Ramen Biasa? Coba Spaghetti Ramen yang Gurih Foto: Getty Images/iStockphoto/vikif
Jakarta -

Mau makan ramen dengan sensasi rasa berbeda? Coba ganti mie dengan pasta seperti spaghetti. Pasta ramen ini dijamin gurih dan tak kalah lezat.

Untuk membuat pasta ramen tidaklah sulit, prosesnya hampir sama dengan membuat mie ramen. Hanya saja untuk mie diganti dengan pasta. Kamu bisa mengandalkan pasta yang bentuknya mirip mie seperti spaghetti atau angel hair.

Dilansir dari Serious Eat (7/11) pasta bisa dijadikan pengganti mie pada ramen. Kamu bisa membuat pasta fusion ini dengan sedikit trik agar tekstur pasta mirip dengan mie.

Bosan Makan Ramen Biasa? Coba Spaghetti Ramen yang GurihBosan Makan Ramen Biasa? Coba Spaghetti Ramen yang Gurih Foto: Getty Images/iStockphoto/vikif

Coba tambahkan sedikit baking soda ketika merebus pasta. Baking soda membuat tekstur pasta jadi lebih empuk, selain itu warnanya juga akan lebih terlihat kuning cerah.

Untuk takarannya, kamu hanya membutuhkan 1 sendok makan baking soda yang dicampur 1 liter air untuk merebus pasta. Tambahkan juga sedikit garam untuk membuat pasta memiliki sensasi rasa asin.

Setelah itu, air bisa digunakan untuk merebus pasta hingga matang. Ramen pasta ini bisa dilengkapi dengan kuah aneka rasa sesuai selera mulai dari kuah miso, kuah kari ataupun kuah spicy.

Membuat kuah kaldu ramen tidaklah sulit, misalnya ketika ingin meracik kuah ramen spicy. Kamu hanya perlu menyiapkan bawang putih, bawang bombai dan cabai bubuk ataupun cabai segar. Olah kuah ramen dengan kaldu ayam atau sapi agar rasanya gurih alami.

Biasanya orang Jepang akan menambahkan wakame atau rumput laut dalam rebusan kuah kaldu untuk rasa yang lebih gurih. Jangan lupa tambahkan minyak wijen dan kecap asin.

Bosan Makan Ramen Biasa? Coba Spaghetti Ramen yang GurihBosan Makan Ramen Biasa? Coba Spaghetti Ramen yang Gurih Foto: Getty Images/iStockphoto/vikif

Sebagai isian ramen pasta, kamu bisa menambahkan berbagai bahan seperti telur, irisan daging sapi, wortel dan taburan daun bawang. Untuk mempertegas rasa, kamu bisa menaburkan irisan nori ketika pasta akan disajikan.

Perlu diingat, agar tekstur pasta tidak terlalu lunak kamu bisa merebusnya dengan tekstur al dente. Jadi saat diguyur kuah kaldu yang panas, pasta tidak menjadi terlalu matang.

Resep ramen berikut bisa jadi rekomendasi untuk membuat pasta ramen di rumah. Kamu tinggal mengganti mie dengan pasta jenis spaghetti ataupun angel hair.



Simak Video "Bikin Laper: Nyobain Dimsum Kuah dan Ramen Niku"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com