Dimsum Kekinian

7 Dimsum Paling Mahal di Dunia, Ada yang Harganya Rp 63 Juta!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 08 Des 2021 17:30 WIB
Dimsum Paling Mahal di Dunia. Bahkan, Ada yang Mencapai Rp 63 Juta. Foto: Success Story
FOKUS BERITA Dimsum Kekinian
Jakarta -

Dimsum di Indonesia identik dengan harga murah, bahkan ada yang dijajakan di kaki lima. Tapi tahukah kamu kalau di dunia ini ada dimsum mahal yang harganya puluhan juta rupiah?

Dimsum punya sejarah panjang hingga jadi kudapan favorit di dunia. Dimsum berasal dari Guangdon atau Kanton, China Selatan yang sudah populer sejak ribuan tahun lalu di masa Dinasti Han.

Di Indonesia, dimsum dijajakan di restoran mewah, kafe, hingga gerai-gerai kaki lima. Harganya mulai dari Rp 10 ribuan untuk porsi isi empat. Dengan harga yang terjangkau ini, dimsum pun kian populer.

Namun siapa sangka di dunia ini dimsum punya banyak kreasi? Beberapa dimsum dibuat super mewah dengan penambahan bahan-bahan premium. Tak heran kalau dimsum ini harganya selangit.

Mengutip Success Story (7/12/21), inilah 7 dimsum paling mahal di dunia:

1. Dim sum Rp 63 juta di New York City

Dimsum Paling Mahal di Dunia. Bahkan, Ada yang Mencapai Rp 63 Juta.Dimsum Paling Mahal di Dunia. Bahkan, Ada yang Mencapai Rp 63 Juta. Foto: Success Story

Restoran Golden Gate di New York City menjual dimsum termahal di dunia dengan harga USD 4.400 atau sekitar Rp 63 juta. Isinya adalah 16 dimsum kukus yang dibuat dengan salmon, daging babi, dan daging sapi muda.

Dimsum mahal ini berwarna biru karena mengandung kelenjar ikan laut dalam yang memang memunculkan warna biru alami. Kalau mau yang lebih murah, ada kreasi dimsum serupa isi 8 yang harganya USD 2.500 atau sekitar Rp 36 juta. Namun sayangnya menu dimsum mahal ini tak bisa lagi dinikmati karena hanya muncul dalam periode waktu terbatas di tahun 2016.

2. Dim sum Blue Diamond Rp 7,7 juta

Dimsum Paling Mahal di Dunia. Bahkan, Ada yang Mencapai Rp 63 Juta.Dimsum Paling Mahal di Dunia. Bahkan, Ada yang Mencapai Rp 63 Juta. Foto: Success Story


Pernah memecahkan rekor dunia sebagai dimsum paling mahal versi Guinness World of Records, dimsum bernama Blue Diamond ini dibanderol USD 540 atau sekitar Rp 7,7 juta. Dimsum ini dibuat perusahaan makanan asal Jerman, Yumbao.

Yang bikin spesial, dimsum ini dibuat dengan ayam sutra (silkie chicken), saffron, jamur caterpillar, truffle, dan bubuk blueberry sebagai isiannya. Yumbao juga bikin menu dimsum lain seperti berisi daging sapi dan kubis China, daging babi dan kubis putih, hingga terung dan truffle. Istimewa banget ya!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Dimsum Kekinian
FOKUS BERITA Dimsum Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com