ADVERTISEMENT

Emak-emak Jangan Panik, Ini Tips Tangani Gas Bocor dari Petugas Damkar

Devi Setya - detikFood
Rabu, 08 Des 2021 12:30 WIB
Emak-emak Jangan Panik, Ini Tips Tangani Gas Bocor dari Petugas Damkar
Foto: TikTok @tamsildanuarta
Jakarta -

Sebagian emak-emak akan panik ketika melihat tabung gas bocor, apalagi ketika mengeluarkan api besar. Seorang petugas damkar bagikan tips mengatasi gas bocor di rumah.

Kejadian gas atau regulator yang bocor kerap memicu kobaran api. Hal ini sering terjadi di rumah, apalagi saat tabung gas masih terisi penuh, kobaran api akan semakin besar dan tak jarang juga memicu ledakan.

Tentu hal ini sangat ditakuti banyak orang, apalagi emak-emak yang biasanya akan panik ketika melihat api. Padahal sebenarnya asalkan tahu trik memadamkan api dan mengatasi gas bocor, hal ini tak perlu ditakuti.

Emak-emak Jangan Panik, Ini Tips Tangani Gas Bocor dari Petugas DamkarEmak-emak Jangan Panik, Ini Tips Tangani Gas Bocor dari Petugas Damkar Foto: TikTok @tamsildanuarta

Seorang petugas pemadam kebakaran bernama Tamsil Danuarta kerap membagikan tips dan trik mengatasi kebakaran di rumah, termasuk salah satunya menangani gas bocor. Lewat akun Tiktoknya @tamsildanuarta bisa dilihat aksinya memadamkan api karena gas bocor.

"Cara menangani kebakaran pada tabung gas," tulis Tamsil pada unggahan videonya.

Dalam video ini juga Tamsil menunjukkan cara penanganannya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah tetaplah bersikap tenang.

Jika kebocoran terjadi pada selang regulator, maka cukup cabut bagian regulator yang menyambungkan antara gas dan selang. Jika selang sudah tercabut maka otomatis api akan berhenti menyambar.

Tips kedua yang juga dibagikan adalah ketika yang terbakar adalah bagian regulatornya maka segera ambil handuk atau kain tebal yang sudah dibasahi air. Tutup bagian tabung gas dengan kain basah ini. Otomatis api akan langsung padam.

Tak hanya mengatasi kebakaran pada tabung gas saja, Tamsil juga sering membagikan tips ketika mengatasi kebakaran yang disebabkan oleh banyak hal. Termasuk saat mengalami kebakaran di dapur seperti kebakaran pada panci, wajan dan kebakaran karena minyak goreng.

Emak-emak Jangan Panik, Ini Tips Tangani Gas Bocor dari Petugas DamkarEmak-emak Jangan Panik, Ini Tips Tangani Gas Bocor dari Petugas Damkar Foto: TikTok @tamsildanuarta

Video yang sudah dilihat lebih dari 5,9 juta kali ini pun mendapat beragam komentar dari netizen. Beberapa orang mengatakan akan langsung panik saat melihat kebakaran, namun sebagian besar lainnya mengucapkan terima kasih karena sudah diberi tips mengatasi kebakaran.

"haa... gua kira kalo gas nya kebakar bakal meledak," kata netizen.

"Yang langsung reflek ngidupin keran, ambil selang, dan langsung disemprot gas nya pake air, kita satu planet," sahut netizen lain.

"boro-boro mau pakai kain basah, kalau emak-emak posisi gitu pasti udah ricuh suaranya satu kampung," pungkas netizen.

Dalam berbagai kesempatan, Tamsil mengatakan ia dan rekan-rekannya yang bertugas sebagai pemadam kebakaran memang sigap membantu mengatasi kebakaran tetapi juga memberikan edukasi soal penanganan kebakaran kecil. "Doa kami setiap hari, semoga kami tidak bekerja. Artinya semoga tidak ada bencana kebakaran atau bencana lainnya," kata Tamsil.



Simak Video "Masak Masak: Bikin Tempura Telur Balado Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT