Dikira Gas Bocor, Bau Durian Bikin Warga Australia Panik!

Diah Afrilian - detikFood Senin, 18 Okt 2021 16:00 WIB
Dikira Gas Bocor, Bau Durian Bikin Warga Australia Panik! Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Baunya yang tajam seringkali membuat durian menimbulkan kepanikan. Warga Canberra, Australia bahkan kalang kabut setelah mengira aroma durian sebagai gas yang bocor.

Baunya yang begitu menyengat membuat durian tidak diperbolehkan untuk dibawa masuk ke dalam transportasi umum. Bagi mereka yang tak terbiasa mencium bau durian juga akan menganggapnya sebagai bau menyengat yang tak sedap dan perlu dihindari.

Tidak jarang, bau durian juga membuat banyak orang salah kaprah akibat baunya yang 'mencurigakan'. Terutama di negara-negara luar Asia Tenggara dimana orangnya tak terbiasa dengan buah durian, aroma durian seringkali dimusuhi.

Beberapa kisah kegaduhan yang disebabkan oleh durian juga kerap kali menyebar. Salah satunya bahkan ada sepasang kekasih di China yang terpaksa putus hanya karena saat lapar kekasihnya mengeluarkan durian yang telah dibelinya.

Baca juga: Tak Biasa! Begini Cara 4 Orang Ini Mengupas Buah Durian

Dikira Gas Bocor, Bau Durian Bikin Warga Australia Panik!Dikira Gas Bocor, Bau Durian Bikin Warga Australia Panik! Foto: Getty Images/iStockphoto

Mengutip World of Buzz (16/10), kali ini giliran salah satu toko di Canberra, Australia yang membuat kegaduhan gegara buah durian. Penduduk yang tinggal di sekitar Dickson Shop, mengadukan adanya dugaan gas bocor karena aroma kuat yang mereka hirup sepanjang hari.

Seorang penduduk sekitar yang tidak diketahui identitasnya sontak melaporkan dugaan gas yang bocor tersebut kepada Departemen Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran setempat. Tim Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran langsung segera dikirim ke lokasi pelaporan untuk menangani dugaan gas yang bocor untuk mencegah situasi yang paling buruk terjadi.

Selama satu jam, tim penyelamatan melakukan investigasi hingga mensterilkan penduduk dari area sekitar. Ditakutkan akan ada ledakan yang mengancam nyawa, tim penyelamat benar-benar mencari sumber dari dugaan gas bocor yang dilaporkan.

Dikira Gas Bocor, Bau Durian Bikin Warga Australia Panik!Dikira Gas Bocor, Bau Durian Bikin Warga Australia Panik! Foto: Getty Images/iStockphoto

"Itu bukan kebocoran gas, tetapi sebenarnya buah durian. Buah ini mengeluarkan bau yang sangat menyengat dan dapat mengombang-ambing beberapa jarak," tulis laporan Departemen Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Setempat.

Ternyata kegaduhan ini bukan pertama kalinya yang dialami oleh penduduk di Canberra. Menurut laporan yang telah lalu, pada tahun 2019 bahkan ada kegaduhan besar yang juga disebabkan oleh buah durian.

Pada tahun 2019 lalu, Canberra University dilaporkan mengalami kebakaran gas. Lebih dari 550 mahasiswanya dievakuasi dengan situasi yang panik dan kacau.

Setelah diturunkan pemadam kebakaran untuk menangani hal tersebut kemudian ditemukan bahwa bau tersebut berasal dari buah durian. Bukan hanya kegaduhan yang disebabkan, saking menyengatnya bau durian ada beberapa negara yang akan melarang kehadiran durian di ruang publik negaranya. Misalnya seperti Singapura dan beberapa Kanada, Taiwan, Singapura dan beberapa negara lainnya.

Baca juga: Kocak! Begini Cara Nyeleneh Mengupas Durian Hingga Rambutan



Simak Video "Ragam Olahan Durian: Gulai Durian Mengkal hingga Bakso Durian"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com