Larangan Minum Khamr Bagi Muslim, Dianggap Dosa Besar dan Perbuatan Setan

Devi Setya - detikFood Rabu, 08 Des 2021 05:00 WIB
Larangan Minum Khamr Bagi Muslim, Dianggap Dosa Besar dan Perbuatan Setan Foto: Getty Images/skynesher

2. Dilarang beribadah dalam keadaan mabuk

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi." (QS An Nisa 43)

Salah satu syarat sah sholat adalah dalam keadaan sehat dan sadar. Biasanya orang yang mabuk setelah minum khamr akan mengalami kehilangan kesadaran, tentu saja apabila sholat akan tidak fokus. Untuk itu orang yang mabuk dilarang untuk mendirikan sholat.

Allah SWT melarang hamba-hamba-Nya yang beriman untuk melakukan sholat ketika dalam keadaan mabuk sampai dia sadar kembali sehingga mengetahui apa yang akan dia baca dan dia dilakukan dalam sholatnya.

Larangan Minum Khamr Bagi Muslim, Dianggap Dosa Besar dan Perbuatan SetanLarangan Minum Khamr Bagi Muslim, Dianggap Dosa Besar dan Perbuatan Setan Foto: Getty Images/skynesher

3. Dianggap dosa besar

Sama seperti berbagai hal yang diharamkan lainnya, minum khamr juga termasuk dalam kategori dosa besar. Hal ini tercatat dalam Al-Qur'an surah Al Baqarah ayat 219.

"Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: "Yang lebih dari keperluan". Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berpikir." (QS Al Baqarah:219)

Rasulullah SAW bersabda : "Barang siapa meminum khamar di dunia kemudian dia tidak bertaubat, maka ia tidak akan mendapatkan minuman tersebut di akhirat," (HR Sayyidah Aisyah).

Dalam hadist lain disebutkan Rasulullah SAW pernah ditanya tentang bit, yaitu arak yang terbuat dari madu yang biasa diminum oleh orang-orang Yaman. Rasulullah SAW kemudian bersabda, 'Setiap minuman yang memabukkan adalah haram,".

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Kafe Gelato Pet Friendly yang Estetik di Kemang Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com