5 Makanan Ini Dimasak Pakai Pasir, Ada Tomat dan Kerupuk

Devi Setya - detikFood Selasa, 07 Des 2021 11:30 WIB
Mirip Batu Digoreng Pakai Pasir, Netizen Bingung dengan Jajanan Ini Foto: Facebook Foodie Incarnate
Jakarta -

Bukan hanya bisa jadi bahan bangunan, pasir juga kerap dijadikan media untuk memasak. Ada beberapa makanan yang dimasak menggunakan pasir.

Di Indonesia terkenal kerupuk melarat, kerupuk berwarna merah, kuning dan putih ini dimasak menggunakan pasir. Meskipun tanpa minyak goreng, kerupuk ini bisa matang dan mengembang sempurna. Teksturnya juga renyah.

Selain kerupuk, ada juga beberapa makanan lain yang dimasak menggunakan pasir. Cara ini bisa menjadi alternatif pengolahan makanan yang lebih sehat karena tidak menggunakan minyak goreng.

Tetapi perlu diperhatikan, pasir yang digunakan harus dalam keadaan bersih. Ketika makanan sudah dimasak, maka harus dibersihkan lebih dulu agar tidak ada pasir yang masih menempel pada makanan dan ikut termakan.

Meskipun efektif dijadikan media untuk memasak, tetapi tidak semua jenis makanan bisa diolah menggunakan pasir. Hanya makanan kering saja yang bisa dimasak menggunakan pasir.

Berikut beberapa makanan yang bisa dimasak menggunakan pasir:

1. Kerupuk

Kerupuk ini kerap disebut kerupuk pasir atau kerupuk melarat. Disebut demikian karena kerupuk ini tidak dimasak menggunakan minyak goreng melainkan menggunakan pasir.

Kerupuk melarat banyak ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, terutama di daerah Cirebon. Kerupuk yang terbuat dari tepung tapioka ini dimasak dengan cara disangrai sambil terus diaduk dalam pasir.

Pasir panas secara perlahan membuat kerupuk ini mengembang sehingga teksturnya pun jadi renyah. Setelah dimasak, kerupuk harus lebih dulu diayak untuk menghilangkan sisa pasir yang menempel.

Karena dimasak tanpa minyak goreng, kerupuk pasir memiliki tekstur renyah namun tidak berminyak. Rasanya yang gurih menjadikan kerupuk ini disukai banyak orang. Apalagi harganya juga dibanderol murah meriah.

Kerupuk Melarat di NagregKerupuk Melarat di Nagreg Foto: Masnurdiansyah/detikcom

2. Kentang

Di India ada jajanan bernama Bhuna Aloo. Makanan yang terbuat dari kentang ini dimasak menggunakan pasir.

Untuk memasaknya, kentang utuh dimasukkan dalam pasir yang sudah panas. Kemudian dimasak sambil terus diaduk hingga kentang matang. Setelah matang barulah kentang panggang pasir ini bisa langsung dinikmati.

Bhuna Aloo terbilang makanan yang cukup populer di India karena rasanya lezat. Biasanya kentang disantap dengan taburan bumbu bubuk yang gurih.

Mau tahu jenis makanan lain yang dimasak pakai pasir, klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Renyah dan Nikmat Kerupuk Jangek Khas Minang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com