Sempat Tutup Karena Terlilit Hutang, Air Itam Laksa di Penang Buka Lagi

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 07 Des 2021 10:30 WIB
Sempat Tutup Karena Terlilit Hutang, Air Itam Laksa di Penang Buka Lagi
Foto: Facebook
Jakarta -

Air Itam Laksa di Penang yang sempat tutup karena terlilit hutang. Akhirnya restoran laksa ini buka kembali untuk melayani para penggemar setianya.

Imbas COVID-19, banyak tempat makan legendaris dan tempat makan terkenal yang hars gulung tikar bahkan tutup selamanya. Tempat-tempat makan ini tutup disebabkan berbagai hal, mulai dari faktor internal sampai menurun drastisnya pembeli saat pendemi.

Hal ini juga menimpa Air Itam Laksa, laksa legendaris di Penang yang berjualan di pinggir pasar Air Itam. Tempat ini sudah menjadi destinasi kuliner favorit turis dan wisatawan lokal di Malaysia.

Beberapa bulan yang lalu, Air Itam Laksa mengumumkan bahwa mereka akan tutup setelah 66 tahun berjualan. Alasan utamanya karena terlilit hutang imbas pandemi.

Baca Juga: Begini Kelezatan Laksa Air Itam yang Populer Sejak 1955" selengkapnya

Dilansir dari salah satu pengguna Facebook Joseph Ng Soon Siang (06/12), kabar gembira datang dari Air Itam Laksa yang akhirnya buka kembali. Meski kini Air Itam Laksa hanya akan buka kembali di akhir pekan saja.

Sempat Tutup Karena Terlilit Hutang, Air Itam Laksa di Penang Buka LagiSempat Tutup Karena Terlilit Hutang, Air Itam Laksa di Penang Buka Lagi Foto: Facebook

Menurut Joseph, dirinya sudah berbicara dengan sang pemilik Air Laksa Itam yang dulu tutup karena keluarganya terlilit hutang. Pemilik Air Itam Laksa yang sudah berusia 72 tahun ini, akhirnya setuju untuk membuka kembali tempat makan legendaris itu setelah melalui beberapa konsultasi dan meditasi.

"Akhirnya gerai Air Itam Laksa yang terkenal akan buka kembali mulai besok. Jangan lupa ajak teman-teman untuk mencicipi makanan legendaris ini. Sang pemilik setuju untuk membuka lagi Air Itam Laksa setiap akhir pekan, mulai dari awal Desember ini setelah berdiskusi bersama," ungkap Joseph.

"Saya berkunjung ke gerainya, dan membantunya menyiapkan jualannya. Bisa dibilang Air Itam Laksa bukan lagi menjadi trademark di kawasan Air Itam, tapi juga sudah menjadi ikon bagi wisata di Penang," pungkas Joseph, selaku anggota dewan di Penang.

Laksa Air Itam PenangLaksa Air Itam Penang Foto: dok. detikFood

Sebelumnya Air Itam Laksa masuk ke dalam daftar salah satu makanan paling enak di dunia versi CNN di tahun 2020. Air Itam Laksa di Penang jadi destinasi wisata kuliner favorit selama puluhan tahun.

Ciri khas Air Itam Laksa ini memadukan kuah dari kaldu ikan kembung, dan udang yang diracik dengan rempah segar. Laksa disajikan dengan mie puth dari tepung beras, dan rasanya asam segar, lengkap dengan taburan kecombrang di atasnya.

Tentunya banyak pelanggan setianya yang menyambut kabar ini dengan senang. Karena mereka bisa lagi mencicipi Air Itam Laksa.

Baca Juga: Imbas Pandemi, Air Itam Laksa yang Telah Berjualan 66 Tahun Akhirnya Tutup" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Makanan Legendaris di Pasar Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)