Begini Kelezatan Laksa Air Itam yang Populer Sejak 1955

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 23 Jul 2019 14:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Penang - Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Penang, tanpa mencoba assam laksa di Pasar Air Itam yang legendaris. Tanpa santan, laksa ini dibuat dari kaldu ikan.

Tak jauh dari destinasi wisata Penang Hill, ada laksa legendaris yang ada sejak 1955. Namanya Laksa Air Itam, letaknya persis di depan pasar Air Itam, Pulang Pinang, dengan logo merah bertuliskan 'Laksa'. Setiap harinya kedai laksa sederhana ini selalu dipadati pengunjung, hingga wisatawan yang penasaran ingin mencoba kelezatan laksa di sini.

Baca Juga: Diplomasi Laksa Penang dan Char Kwetiau dari Negeri Jiran
Begini Kelezatan Laksa Air Itam yang Populer Sejak 1955Foto: dok. detikFood
Bermodalkan kursi dan meja sederhana, menu yang ditawarkan hanya laksa saja. Tapi berbeda dengan laksa lainnya, di sini menyajikan assam laksa. Laksa khas Penang. Kuahnya terbuat dari kaldu ikan kembung dan kaldu udang, yang diracik dengan aneka rempah.

Meski banyak orang yang mengantre, tapi tak perlu khawatir, karena pelayanannya sangat cepat. Semangkuk assam laksa yang mengepul hangat dihargai RM 5 (Rp 17.000), tampilannya menarik dengan irisan cabe merah, bawang, dan kecombrang di atasnya.

Assam laksa ini disajikan dengan mie putih yang terbuat dari tepung beras, teksturnya tak terlalu tipis tapi tetap kenyal, mirip kwetiau. Kaldunya tak memakai santan seperti Laksa di Singapura atau daerah lain di Malaysia.
Begini Kelezatan Laksa Air Itam yang Populer Sejak 1955Foto: dok. detikFood

Racikan kuah kaldunya memakai kaldu ikan dan udang yang cukup pekat. Dipadukan dengan tambahan daun mint, kecombrang, hingga daun kesum yang dikenal sebagai daun laksa. Lengkap dengan irisan mentimun, selada, dan cabe merah dan hijau.

Setelah diaduk menjadi satu, rasa laksa ini dominan asam segar, dan gurih khas masakan peranakan antara China dan Melayu. Rasa kaldu berikut aroma ikannya cukup kuat di penciuman, jadi sedikit amis. Namun aroma amis ini tertutupi dengan aroma aromatik, dari penggunaan daun mint hingga kesum.
Begini Kelezatan Laksa Air Itam yang Populer Sejak 1955Foto: dok. detikFood
Selain itu porsi dari laksa ini juga cukup royal, dengan irisan cabe merah yang membuat rasa laksa ini jadi sedikit pedas. Hidangan ini cocok disantap untuk penggemar laksa, sekaligus penggemar hidangan olahan ikan.

Usai menyantap assam laksa, Anda bisa pesan Es Tebu dingin segar yang dibuat langsung dengan harga RM 2 (Rp. 7.000) saja. Selain laksa, banyak juga kuliner lainnya yang berada di sekitar Pasar Air Itam ini, seperti Nasi Kandar hingga kwetiau.
Begini Kelezatan Laksa Air Itam yang Populer Sejak 1955Foto: dok. detikFood

Setiap harinya Laksa Air Itam ini buka dari 10.30 pagi hingga jam 7 malam. Untuk menuju kemari, Anda bisa naik taksi atau menggunakan Rapid Penang 203 jurusan Air Itam. Jangan tinggalkan Penang sebelum mencicipi laksa asam segar ini.

Baca Juga: Udang dan Daun Laksa Bikin Laksa Singapura Unik dan Lezat

Simak Video "Kuy Mampir! Laksa Air Itam Legendaris di Penang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)