Keren! Kini Kimchi Tak Hanya Dimakan tetapi Bisa Diminum

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 30 Nov 2021 13:00 WIB
Keren! Kini Kimchi Tak Hanya Dimakan tetapi Bisa Diminum
Foto: Alamy/SCMP/ST
Jakarta -

Dikenal sebagai makanan pelengkap khas Korea Selatan kini muncul varian kimchi terbaru.Berupa jus kemasan yang kekinian dan gampang dikonsumsi.

Kimchi merupakan makanan pokok dan ikonik di Korea Selatan yang sudah mendunia. Fermentasi sayuran ini terkenal dengan rasa asam pedas dan segar yang jadi pelengkap aneka makanan di sana.

Popularitas kimchi tidak main-main, kini kimchi dengan mudah ditemukan di berbagai negara. Mulai dari versi kemasan siap saji, sampai jadi 'lalapan' wajib di setiap restoran khas Korea yang berada di seluruh dunia.

Baca Juga:Makan Bibimbap Buatan China, Drama Korea Dibintangi Song Joong Ki Dikritik Keras" selengkapnya


Hal ini lah yang membuat salah satu perusahaan makanan asal Korea Selatan, SHm meluncurkan White Kimchi Juice. Minuman jus unik yang diolah dari kimchi putih atau white kimchi.

"Saya sangat suka makanan Korea. Saya juga selalu rindu dengan makanan Korea, setiap kali saya pergi ke Eropa dan Amerika" Ujar Park Yun Kyung, selaku CEO dari SHm dilansir dari SCMP (29/11).

Keren! Kini Kimchi Tak Hanya Dimakan tetapi Bisa DiminumKeren! Kini Kimchi Tak Hanya Dimakan tetapi Bisa Diminum Foto: Alamy/SCMP/ST

"Jadi saya mulai memikirkan cara untuk membuat kimchi lebih mudah dikonsumsi. Salah satunya dengan mengubah kimchi menjadi minuman, menggunakan kimchi putih atau white kimchi," ungkap Park.

Berbeda dengan kimchi pada umumnya yang berwarna kemerahan. White kimchi yang dijadikan produk minuman oleh SHm ini, hanya menggunakan kimchi putih yang masih diolah secara tradisional. Jadi rasanya tidak pedas, dan aromanya juga tidak terlalu kuat seperti kimchi biasa.

"Kami juga tidak menggunakan ikan asin dalam racikan fermentasi white kimchi ini, semua bahan makanan yang digunakan hanya menggunakan sayuran. Kita cuma membumbui kol dengan garam, sisanya sayuran. Baru habis itu kita fermentasi, lalu kita giling hingga halus," sambungnya.

Proses pembuatan minuman dari kimchi putih ini tidak berhenti di sana. Setelah kimchi dihancurkan dan diperas seperti tebu. Baru dijadikan minuman yang dikemas dalam kemasan minuman yang aman dan modern.

"Setelah semua kimchin ini terfermentasi, kita lanjut menghaluskannya. Menyaring ampasnya untuk dijadikan kimchi jus ini," tutur Park dengan bangga.

Keren! Kini Kimchi Tak Hanya Dimakan tetapi Bisa DiminumKeren! Kini Kimchi Tak Hanya Dimakan tetapi Bisa Diminum Foto: Alamy/SCMP/ST

Produk minuman kimchi ini sudah dijual bebas di beberapa supermarket di Korea Selatan. Meski produknya masih terbilang baru, tapi banyak orang yang penasaran untuk mencobanya.

"Awalnya saya sempat merasa aneh, mengapa kimchi dijadikan minuman. Jujur saja, awalnya kita tidak bisa membayangkan rasa minuman ini akan seperti apa. Ketika dicoba pertama kali juga rasanya cukup aneh, tapi rasanya mirip seperti kimchi segar dan familiar. Setelah itu rasanya juga semakin enak lama-lama, cocok jadi minuman pendamping ketika makan daging panggang," puji Im Han, salah satu pembeli yang berasal dari kalangan muda.

Sementara komentar positif juga diberikan dari konsumen orangtua yang menurut mereka rasa minumannya enak dan familiar. Banyak juga yang menyebutkan bahwa minuman dari kimchi putih ini, bisa disebut sebagai yogurt tradisional dari Korea Selatan.

Untuk sekarang minuman Kimchi Juice dari SHm ini masih terbatas, tapi di kedepannya minuman ini akan dipasarkan lebih luas.

Tak hanya dijadikan minuman, sebelumnya kimchi juga jadi makanan yang diperebutkan oleh China dan Korea Selatan sebagai makanan nasional mereka.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Negara Ini Jadi Saling Rebutan Kepemilikannya" selengkapnya



Simak Video "Korea Selatan Dilanda Krisis Kimchi!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)