5 Makanan Khas Negara Ini Jadi Saling Rebutan Kepemilikannya

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 15 Jan 2021 17:30 WIB
- Foto: iStock
Jakarta -

Tak hanya masalah politik saja, banyak negara yang ikut memperebutkan kepemilikan makanan. Mulai dari kimchi, rendang sampai roti diperebutkan.

Dalam setiap negara pasti punya makanan asli atau tradisional yang hanya ditemukan di sana. Namun sering kali, banyak negara tetangga yang ikut mengklaim bahwa makanan tersebut berasal dari negara mereka.

Hal ini lah yang sering kali mengundang perdebatan antar warga negara. Bahkan terkadang perebutan makanan ini menjadi topik perdebatan yang tak pernah ada habisnya selama bertahun-tahun.

Seperti perdebatan tentang asal usul rendang dari Indonesia, yang sempat beberapa kali diklaim oleh Malaysia.

Kemudian ada juga perebutan kimchi yang baru-baru ini kembali heboh direbutkan oleh Korea Selatan dan China.

Tak ketinggalan negara Yunani yang berebut keju feta, dengan beberapa negara di Eropa.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima makanan yang diperebutkan beberapa negara.


1. Rendang

5 Makanan Khas Negara Ini Jadi Saling Rebutan Kepemilikannya5 Makanan Khas Negara Ini Jadi Saling Rebutan Kepemilikannya Foto: Ilustrasi iStock/Site Recipe

Masuk ke dalam peringkat pertama makanan paling enak di dunia versi CNN. Rendang menjadi makanan primadona di Indonesia. Hidangan Minang dari daging sapi asal Sumatera Barat ini, jadi bahan rebutan antara Indonesia dan Malaysia.

Selama bertahun-tahun perdebatan asal-usul rendang terus berlangsung. Banyak warga Malaysia yang mengklaim bahwa rendang merupakan makanan yang berasal dari negara mereka.

Padahal rendang merupakan kuliner warisan asli dari tanah Minang. Malaysia sendiri tentunya punya hidangan rendang yang meski mirip, tapi tekstur dan rasanya berbeda dari rendang Indonesia.

Baca Juga: Rendang Berasal dari Minangkabau, Ini 5 Fakta Menariknya


2. Kimchi

5 Makanan Khas Negara Ini Jadi Saling Rebutan Kepemilikannya5 Makanan Khas Negara Ini Jadi Saling Rebutan Kepemilikannya Foto: Ilustrasi iStock/Site Recipe

Kimchi merupakan fermentasi sayuran dari sawi putih dan lobak yang populer di Korea Selatan. Sama seperti rendang, kimchi ini sudah menjadi warisan budaya kuliner di Korea Selatan sejak ratusan tahun lalu.

Namun China juga mengklaim bahwa kimchi merupakan makanan yang berasal dari sana. Karenanya banyak perdebatan yang terjadi antara warga di dua negara ini.

"Perjanjian bilateral bisa terjadi antara dua negara. Mulai dari pertukaran makanan, agraris sampai pengobatan semuanya pernah terjadi di China dan Korea Selatan. Jadi tidak heran, kedua negara ini memiliki kesamaan seperti kimchi karena mereka punya sejarah yang panjang," ungkap Zhang Yiwu, profesor dan ahli sejarah dari Peking University.

Baca Juga: Kimchi dan Po Chai Picu Perseteruan Antara China dan Korea Selatan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Persiapan Pemerintah Bawa Tempe Mendunia Seperti Rendang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com