Makan Bibimbap Buatan China, Drama Korea Dibintangi Song Joong Ki Dikritik Keras

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 19 Mar 2021 19:00 WIB
Makan Bibimbap Buatan China, Drama Korea Dibintangi Song Joong Ki Dikritik Keras Foto: Weibo/CNA/Koreaboo
Jakarta -

Asal usul kimchi masih diperebutkan China dan Korea Selatan. Selain itu Bibimbap produk China yang tampil di drama Song Joong Ki juga turut dikritik keras.

Sebelumnya warga China dan Korea Selatan heboh memperebutkan asal usul kimchi. Perseteruan ini mirip seperti Indonesia dan Malaysia, ketika memperebutkan rendang hingga batik.

Baca Juga: Sebagian Kimchi di Restoran Korea Ternyata Berasal dari China

Baru-baru ini muncul lagi makanan yang menuai kontroversi di antara kedua negara tersebut. Mereka meributkan soal bibimbap instan produk China.

Dilansir dari CNA (19/03), dalam drama Korea populer berjudul 'Vicenzo'. Tampak aktor Song Joong Ki yang memerankan karakter utama, terlihat tengah menyantap bibimbap instan produk China yaitu 'Zihaiguo'.

Makan Bibimbap Buatan China, Drama Korea Dibintangi Song Joong Ki Dikritik KerasMakan Bibimbap Buatan China, Drama Korea Dibintangi Song Joong Ki Dikritik Keras Foto: Weibo/CNA/Koreaboo

Meski jelas bahwa bibimbap itu merupakan bagian dari iklan atau 'product placement' di Vicenzo. Tapi tetap saja hal ini membuat netizen di Korea Selatan geram.

Terutama ke saluran televisi tvN yang menayangkan drama ini. Karena sudah menampilkan produk makanan China, yang jelas-jelas memproduksi makanan asal Korea Selatan.

"Bagaimana bisa pihak produksi menerima bibimbap keluaran China untuk ditayangkan di drama ini? Padahal bibimbap merupakan hidangan khas Korea. Apakah mereka sudah gila?" kritik salah satu netizen.

"Kalau memang benar pihak produksi menjual slot iklan ke perusahaan China untuk mendapatkan uang yang cepat. Takutnya orang-orang asing yang menonton drama ini berpikir, bahwa bibimbap merupakan makanan dari China. Ini adalah isu yang serius," timpal netizen lainnya.

Makan Bibimbap Buatan China, Drama Korea Dibintangi Song Joong Ki Dikritik KerasMakan Bibimbap Buatan China, Drama Korea Dibintangi Song Joong Ki Dikritik Keras Foto: Weibo/CNA/Koreaboo

Sementara dari sisi netizen China, mereka jelas membela bran Zihaiguo. Sebagai salah satu perusahaan makanan populer di China.

"Mereka (orang Korea), harusnya beruntung Zihaiguo tidak menaruk produk hotpot Sichuan ke drama ini. Jika mereka melakukannya, orang-orang Korea tidak akan bisa mengklaim makanan apapun," sindir netizen China.

"Orang-orang Korea pikir semua makanan itu spesial punya mereka. Kasihan sekali," tutur netizen lainnya.

BibimbapBibimbap Foto: Istock

Produk bibimbap keluaran Zihaiguo ini sebenarnya memang fokus dipasarkan ke Korea Selatan. Lewat iklan yang mereka pasang di drama Vicenzo, mereka ingin memperkenalkan produk ini.

Sebelumnya Korea Selatan dan China yang berseteru karena kimchi dan pao chai. Kedua produk fermentasi sayuran yang pedas itu memang mirip. Apalagi keduanya mendapat sertifikat ISO.

Baca Juga: Kimchi dan Po Chai Picu Perseteruan Antara China dan Korea Selatan



Simak Video "Murah Meriah! Jajan Tteokbokki ala Korea Cuma Rp 10 Ribuan di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com