Mukbang Populer di India, Ada yang Lahap 4 Kg Nangka hingga 50 Omelet!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 29 Nov 2021 19:00 WIB
Mukbang Populer di India, Ada yang Lahap 4 Kg Nangka hingga 50 Omelet!
Foto: Deepika Verma
Jakarta -

Video mukbang kian digemari di India. Banyak kreator konten tunjukkan momen mukbang seperti melahap 4 kg nangka, 4 ekor ayam, sampai 50 porsi omelet dalam waktu singkat!

Mukbang atau video siaran seseorang makan banyak di depan kamera awalnya muncul di Korea Selatan sekitar tahun 2010. Video mukbang yang memperlihatkan kenikmatan makanan ini banyak digemari para foodies.

Mukbang biasanya dilakukan oleh kreator konten khusus. Mereka adalah orang-orang terlatih yang sanggup makan banyak dalam sekali waktu dan bisa bikin ngiler orang yang menontonnya.

Tren mukbang bahkan sampai ke negara-negara di luar Korea Selatan, salah satunya India. Ada beberapa kreator konten mukbang di sana yang punya jutaan subscribers.

Mukbang yang dikemas dalam tantangan makan

Mukbang Populer di India, Ada yang Lahap 4 Kg Nangka hingga 50 Omelet!Mukbang Populer di India, Ada yang Lahap 4 Kg Nangka hingga 50 Omelet! Foto: Instagram/@saapatturaman

Salah satunya adalah Saapattu Raman dengan 1,2 juta subscribers. Sosok di balik channel YouTube ini adalah pasangan ayah dan anak asal desa Chinnasalem, Tamil Nadu.

Anaknya, Sabari Kumar, mulai mengenal mukbang saat belajar di Ukraina. Lalu pada tahun 2018 ketika dirinya kembali ke India, ia mulai membuat channel YouTube bersama ayahnya, R. Porchezhiyan. Sang ayah adalah seorang praktisi pengobatan Siddha dengan nafsu makan yang besar.

Kumar dan ayahnya terkenal dengan konten tantangan makan. Mereka bakal menyanggupi permintaan-permintaan dari netizen, misalnya makan 4 kg nangka dalam waktu 7 menit.

Lalu dalam video-video lainnya terlihat sang ayah melahap 50 porsi omelet, 4 ekor ayam, sampai 570 gram brokoli mentah. Semua makanan ini dimasak oleh ibu Kumar dan resepnya akan dibagikan pada para penonton.

"Masak banyak makanan adalah tantangan, tapi ibu saya bisa mengatasinya dengan baik," kata Kumar. Ia juga mengaku pengeluarannya untuk makan jadi sangat besar, namun terbantu dari penghasilan YouTube.

Kumar mengakui kemampuannya dan sang ayah untuk melahap banyak makanan datang dari "gen yang bagus". Mereka juga rutin mengonsumsi ramuan Ayurveda setiap hari.

Makanan India jadi konten mukbang

Mukbang Populer di India, Ada yang Lahap 4 Kg Nangka hingga 50 Omelet!Mukbang Populer di India, Ada yang Lahap 4 Kg Nangka hingga 50 Omelet! Foto: Deepika Verma

Kreator konten mukbang di India selanjutnya adalah Foodie Bobby yang sudah punya lebih dari 49 ribu ribu subscribers. Sosok di baliknya adalah Deepika Verma, wanita asal Uttar Pradesh.

Ia pernah melahap KFC, momos, dan fast food lain sebagai konten mukbang. Dalam sebuah video ia bahkan lomba makan dengan anjingnya yang bisa menghabiskan sepiring nasi briyani ayam dengan cepat.

"Saya terinspirasi oleh video mukbang YouTuber Peggie Neo dan memulai perjalanan di YouTube pada tahun 2017," kata Verma. Ia pernah mencoba berbagai makanan, termasuk yang ekstrem sekalipun seperti keripik pedas dengan cabai Carolina reaper.

Lalu ada juga YouTuber mukbang India, Saravana Kumar. Ia adalah seorang mahasiswa kedokteran di Amerika Serikat yang membuat channel YourEverydayFoodie pada tahun 2017.

Salah satu video Kumar yang viral adalah ketika mencicipi jajanan khas India, pani puri. Ia juga sering memamerkan momen makan makanan India lain dan makanan Ethiopia.

"Sejak masih muda, saya sudah tertarik mencicipi berbagai jenis makanan dan masakan baru. Keluarga saya dan saya selalu menonton acara masak di televisi. Suatu hari saya melihat video mukbang dan saya jatuh cinta," katanya.

Masa depan konten mukbang di India menjanjikan

Mukbang Populer di India, Ada yang Lahap 4 Kg Nangka hingga 50 Omelet!Mukbang Populer di India, Ada yang Lahap 4 Kg Nangka hingga 50 Omelet! Foto: YouTube/@YourEverydayFoodie

YouTuber mukbang menghasilkan banyak uang dari video makan yang mereka unggah. Pendapatan utama adalah dari iklan dan dari sponsor.

"Ini bukanlah pekerjaan mudah, karena membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk membangun followers dan mempertahankan minat pada konten Anda," kata Verma. Ia juga tak menampik dapat banyak komentar kebencian, body shaming, dan kritik.

Namun baginya dan YouTuber mukbang lain, rasa cinta pada makanan membuat hal-hal tersebut seolah terkalahkan. Apalagi di India, masa depan YouTuber mukbang juga dinilai menjanjikan.

"Masa depan mukbang dan ASMR sangat besar! Terutama di India," kata Saravana Kumar. "Tidak hanya penonton India, tetapi penonton di seluruh dunia, yang sangat menikmati menonton berbagai jenis masakan," pungkasnya.

Sementara dari sisi ilmiah, penelitian yang dicantumkan dalam jurnal Culture, Medicine and Psychiatry tahun 2020 menemukan peran mukbang di budaya Korea Selatan.

Peneliti menulis, "Dalam masyarakat Korea, makan adalah kegiatan sosial yang mendalam dan banyak orang Korea merasa hampir tidak terpikirkan untuk duduk dan makan sendirian, tidak terkecuali di depan umum; karenanya, mukbang digambarkan sebagai pengganti virtual untuk bersosialisasi sambil makan sendiri."



Simak Video "Bikin Laper: Mukbang Suki Mulai Rp 99 Ribu yang Nagih Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)