Gokil! Kentang Disebut Sayuran yang Paling Enak Sejak Ratusan Tahun 

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 27 Nov 2021 16:00 WIB
raw potato Foto: Getty Images/iStockphoto/margouillatphotos
Jakarta -

Meski awalnya hanya candaan semata. Tapi rupanya ratusan ribu orang setuju, bahwa kentang merupakan sayuran yang paling enak sejak ratusan tahun lalu.

Membicarakan sayuran, semua orang pastinya memiliki sayuran kesukaan mereka masing-masing. Sayuran yang selama ini identik dengan rasa yang hambar bahkan pahit, tentunya kerap membuat banyak orang enggan atau malas makan sayuran.

Tapi hal itu tidak berlaku untuk kentang. Kentang termasuk edalam jenis sayura berjenis batang. Kentang merupakan salah satu sayuran dengan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Misalnya dalam 100 gram kentang berukuran sedang. Terdapat sekitar 88 kalori, 20 gram karbohidrat, 1,9 gram protein. Belum lagi kandungan 13 miligram vitamin C, 0,3 miligram zinc hingga 380 miligram kalium.

Baca Juga: Viral! Uang Belanja Rp 15 Ribu Harus Cukup Beli Beras dan Sayur" selengkapnya


Selain itu ditambah rasa kentang yang enak, dan bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Mulai dari kentang goreng, kentang tumbung, kentang panggang sampai dijadikan menu hidangan lokal seperti menu semur sampai rendang.

Tak heran banyak orang yang setuju, bahwa kentang ini merupakan sayuran terbaik dan terenak di dunia dari ratusan tahun lalu.

Menu Baked Potato di Wendy'sMenu Baked Potatos Foto: iStock

Bahkan situs humor atau situs spoof di Inggris, NewsThump (26/11), membuat klaim bahwa kentang baru saja memenangkan juara sayuran terbaik di dunia selama 318 tahun berturut-turut.

Meski hanya candaan, tapi rupanya situs ini punya alasan sendiri mengapa kentang mereka pilih jadi sayuran terbaik.

"Kentang bisa dibilang sebagai sayuran yang tak lekang oleh waktu. Tidak ada yang bisa mengalahkan kelezatan kentang dalam bidang sayuran. Kentang bisa direbus, bisa ditumbuk halus, bisa dijadikan gulai untuk daging, pokoknya makanan apa saja bisa dipadukan dengan kentang," puji Jay Cooper, salah satu penulis NewsThump.

"Selain bisa diolah menjadi apa aja, rasa kentang ini sangat enak dan lezat. Dibandingkan dengan sayuran hijau lainnya, mungkin memang mereka tampak lebih cantik dair kentang. Tapi saya yakin kalian tidak SUKA dengan sayuran hijau, tapi semua orang suka sekali dengan kentang," sambung Jay.

Selain heboh di situs NewsThump, kejuaraan sayuran terbaik yang dimenangkan oleh kentang ini juga jadi bahan perbincagan yang viral di Twitter. Serta dibahas oleh netizen dari berbagai negara.

Cara Bikin Mashed Potato Sederhana yang Lembut CreamyCara Bikin Mashed Potato Sederhana yang Lembut Creamy Foto: iStock

"Meski cuma candaan semata. Tapi saya setuju sih, kentang itu memang sayuran terbaik di dunia. Nih ya, dia memberikan kita kentang goreng yang enak, dia bisa memberikan kita mashed potato yang lembut. Tapi apa yang bisa dilakukan alpukat? Selain menjadi topping salad dan pizza yang tidak enak," komen @gt**.

"Benar, kentang pantas mendapatkan penghargaan ini selama ratusan tahun. Tak pernah sekalipun saya menemukan sayuran lain yang seenak ini, bisa dibuat jadi gorengan, jadi salad, jadi pancake, jadi pangsit, semuanya bisa. Duh jadi lapar," puji @hows**.

"Dengan hadirnya kejuaraan lucu ini. Saya putuskan saya bukan lagi menjadi penggemar wortel. Saya sadar, kentang lebih enak dari sayuran wortel. Kentang bisa menjalankan dinasti sendiri di kingdom sayuran, dan tidak ada yang bisa mengalahkannya," canda @mets** yang mengundang tawa dari banyak orang.

Selain kentang, sebelumnya banyak juga perdebatan tentang sayuran yang unik di Twitter dan media sosial lainnya.

Baca Juga: Viral Cumi untuk Masturbasi, Pare dan Terong Juga Bikin Mual Netizen



Simak Video "Tips Bikin Kentang Ongklok Keju, Cocok Buat Pelengkap Steak"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com