Viral! Uang Belanja Rp 15 Ribu Harus Cukup Beli Beras dan Sayur

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 12 Mar 2021 11:00 WIB
Sayur asem Foto: iStock
Jakarta -

Netizen ini tulis uang Rp 15 ribu harus cukup beli beras, ikan asin hingga sayuran. Daftar belanja ini viral tuai pro dan kontra netizen di media sosial.

Rincian atau daftar belanja seringkali yang tersebar di media sosial, tak jarangmenjadi topik pembicaraan hangat. Hampir setiap orang memiliki tolak ukur tentang budget uang belanja bahan makanan sehari-hari.

Baca Juga: Ke Pasar Belanja Sayur Rp 15 Ribu, Ibu Ini Bingung Uangnya Rp 50 Ribu Ludes

Baru-baru ini muncul daftar belanja viral yang pertama kali ditulis oleh pria bernama Wawan asal Pekalongan (12/03). Lewat akun Facebook Sumber Rejeki, Wawan menuliskan daftar belanja wanita idaman yang hanya bermodalkan Rp 15 ribu saja.

Viral! Uang Belanja Rp 15 Ribu Harus Cukup Beli Beras dan SayurViral! Uang Belanja Rp 15 Ribu Harus Cukup Beli Beras dan Sayur Foto: Facebook Sumber Rejeki

"Daftar belanja ibu-ibu rumah tangga. Beras setengah kilo harganya Rp 5.000. Tempe dan tahu harganya Rp 4.000. Sayuran harganya Rp 3.000. Ikan asin harganya Rp 2.000, dan garam harganya Rp 1.000. Total (belanja) Rp 15.000. Wanita idaman," tulisnya, unggahan ini viral di Facebook dan Instagram.

"Cabe dan tomat buat sambel metik di halaman tetangga. Selada buat tambahan lalapan minta di kebon hidroponik Ibu RT. Nah makin cukup uang Rp 15 ribunya. Besokannya jadi gunjingan sekampung," komen salah satu netizen di Instagram.

"Kaga ngapa-ngapa, langsung dimakan aja gitu pasti cukup. Kaga usah dimasak kaga usah dibumbuin. Cukup digaremin sekalian sama plastik dan karet-karetnya, terus langsung ditelen," tulis netizen.

"Uang Rp 15 ribu bisa belikan nasi kucing dapat 5 bungkus. Bisa untuk sehari. Minumnya dari air kran tetangga," canda netizen.

Viral! Uang Belanja Rp 15 Ribu Harus Cukup Beli Beras dan SayurViral! Uang Belanja Rp 15 Ribu Harus Cukup Beli Beras dan Sayur Foto: detikFood

Meski banyak yang mengkritik daftar belanjaan ini. Tapi banyak juga yang membela bahwa belanja Rp 15 ribu masih bisa dapat bahan makanan di kampung.

"Kenapa masih ada yang hujat? Padahal kalau di kampung harga (bahan makanan) segitu memang masih ada kok," bela salah satu netizen.

Dihubungi detikFood (12/03), Wawan mengaku tak tahu bahwa daftar belanjaannya ini jadi viral, apalagi sampai tersebar di Instagram. Awalnya ia menulis daftar belanja itu hanya iseng semata.

"Lagian kan itu cuman iseng-iseng doang. Tidak cukup itu aslinya uang (belanja) Rp 15 ribu satu hari," ungkap Wawan.

Resep tempe gorengtempe goreng Foto: dok. detikFood

"Saya belum menikah. Uang Rp 15 ribu saja untuk satu orang tidak cukup, apalagi yang sudah berumah tangga. Tapi ya namanya orang beda-beda. Ada yang cukup, ada yang tidak cukup," pungkasnya.

Selain daftar belanja seharga Rp 15 ribu yang tuai pro dan kontra. Banyak juga daftar belanja lainnya yang sempat viral di media sosial.

Seperti pengguna Facebook yang pamer bisa masak pakai uang Rp 15 ribu. Bukannya dipuji, pengguna Facebook ini malah diserang netizen.

Baca Juga: Pamer Masak Pakai Uang Rp 15 Ribu, Emak-emak Ini Malah Diserang Netizen



Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com