Gegara Tak Suka Minum Air Putih, Wanita Ini Harus Rutin Cuci Darah

Devi Setya - detikFood Sabtu, 27 Nov 2021 10:00 WIB
Gegara Tak Suka Minum Air Putih, Wanita Ini Harus Rutin Cuci Darah Foto: TikTok @hemodialisa
Jakarta -

Karena tak suka minum air putih sejak kecil, seorang wanita harus menjalani cuci darah secara rutin. Padahal usianya masih sangat muda.

Adalah Lisa, pasien gagal ginjal yang kini harus rutin menjalani cuci darah karena tidak suka minum air putih. Lewat akun Tiktoknya @hemodialisa, wanita ini kerap membagikan pengalaman saat menjalani proses cuci darah.

"Orangtua dulu waktu aku masih kecil : 'tiap bangun tidur biasain minum air putih, minum air putih yang banyak, jangan minum minuman yang berwarna.' Me : pait ga enak," tulis Lisa pada unggahan videonya.

Gegara Tak Suka Minum Air Putih, Wanita Ini Harus Rutin Cuci DarahGegara Tak Suka Minum Air Putih, Wanita Ini Harus Rutin Cuci Darah Foto: TikTok @hemodialisa

Karena tak suka minum air putih ini, Lisa harus mengalami masalah kesehatan yang cukup serius. Di usianya yang baru menginjak 21 tahun, ia divonis mengalami gagal ginjal.

Kepada Detikcom (27/11) Lisa menceritakan pengalamannya yang tak suka minum air putih lantas berujung pada gagal ginjal. Lisa awalnya tak mengira dirinya mengalami masalah serius pada ginjalnya.


Pada 2019 lalu Lisa mengalami kecelakaan namun selang beberapa minggu setelah kecelakaan, ia mengalami sakit di badannya. Meskipun sudah mengonsumsi obat pereda nyeri tetapi tetap saja sakitnya masih tak tertahankan.

"Aku udah minum pereda nyeri kok nggak sembuh-sembuh biasanya aku minum obat sekali dua kali gitu sembuh," kata Lisa.

Ia lantas memeriksakan kondisinya ini ke rumah sakit. Dokter yang menanganinya menyarankan untuk cek lab dan USG, dari sinilah Lisa baru ketahuan mengalami gagal ginjal.

"Dokternya itu nyaranin buat cek lab dan lain-lain gitu. Terus aku tuh disuruh USG sama dokter penyakit dalam. Dokternya bilang setelah ini setelah USG apapun hasilnya kamu harus cuci darah ya," tutur Lisa menirukan sang dokter.

Mulai dari sinilah Lisa harus rutin menjalani cuci darah dua kali dalam seminggu seumur hidupnya. Diungkapkan Lisa, salah satu penyebab dari gagal ginjal yang dialaminya ini adalah karena ia tak suka minum air putih.

Gegara Tak Suka Minum Air Putih, Wanita Ini Harus Rutin Cuci DarahGegara Tak Suka Minum Air Putih, Wanita Ini Harus Rutin Cuci Darah Foto: TikTok @hemodialisa

"Kalau minum tuh pasti minumnya minum air kemasan yang kayak minuman kemasan (harga) seribuan kayak gitu. Soalnya kalau minum air putih itu eneg, apalagi kalau yang nggak dingin rasanya tuh pengen muntah," kata Lisa.

Kini setelah mengalami gagal ginjal, Lisa justru jadi sangat suka minum air putih.

"Kalau sekarang malah suka air putih, jadi suka banget. Kayak nyesel sih gitu dulu kenapa nggak suka air putih kenapa baru sekarang sudah dikasih sakit baru suka air putih," aku Lisa.

Lebih lanjut Lisa menerangkan kalau gagal ginjal yang dialaminya ini juga dipengaruhi beberapa faktor lain selain kurangnya konsumsi air putih. Salah satunya karena Lisa juga memiliki riwayat darah tinggi sejak masih duduk di bangku kelas 2 SMA.

Kini setelah merasakan sakit, Lisa memberikan pesan pada banyak orang untuk belajar dari pengalamannya. Lisa menyarankan untuk banyak konsumsi air putih dan mengurangi minum minuman kemasan serta minuman berenergi.

"Pesan buat teman-teman jaga kesehatan jangan lupa minum air putih, terus kalau punya riwayat hipertensi atau apapun itu tolong cek ke dokter ya harus terkontrol karena gagal ginjal itu banyak banget karena hipertensi gitu terus kurang-kurangin makan makanan yang cepat saji, minum minuman berenergi itu buat para laki-laki please stop karena dari rekan-rekan aku yang sama pasien cuci darah tuh banyak yang kena gagal ginjal karena minuman berenergi," pungkas Lisa.



Simak Video "Bikin Laper: All You Can Eat dari Shabu hingga Agemono"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com