Jangan Sering Dikonsumsi, 7 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Tua

Devi Setya - detikFood Minggu, 21 Nov 2021 07:00 WIB
junk food Foto: iStock
Jakarta -

Tak ada orang yang ingin cepat tua. Nyatanya ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi terlalu sering bisa memicu penuaan. Berikut ini daftarnya.

Sambil santai paling pas ngemil kentang goreng, atau bagi penggemar berat kopi tentu tak bisa jauh dari secangkir kopi untuk mendongkrak semangat. Atau bagi penggemar berat dessert tentu tak bisa lepas dari cake manis dengan topping krim lembut.

Tapi ternyata dibalik makanan-makanan ini terdapat efek buruk bagi kesehatan kulit. Berdasarkan penelitian, beberapa makanan enak justru membuat orang jadi tampak lebih tua.

Dilansir dari Bright Side (19/11) beberapa makanan mengandung efek yang buruk ketika dikonsumsi secara berlebihan dan rutin. Misalnya kopi, kandungan dalam kopi bersifat diuretik yang berpotensi membuat tubuh dehidrasi dan kehilangan cairan. Jika tidak diimbangi dengan konsumsi air yang cukup maka kulit akan menjadi kering sehingga tampak tidak segar dan lelah.

Bukan hanya kopi, ada juga beberapa makanan termasuk makanan pedas, garam, makanan berlemak dan alkohol yang membuat kamu terlihat lebih tua.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang membuat seseorang tampak tua:

1. Gula dan makanan manis

Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Termasuk menaikkan berat badan, menimbulkan kerutan pada wajah, membuat kulit tidak kencang serta sederet masalah kesehatan lainnya.

Konsumsi terlalu banyak gula menyebabkan terjadinya proses yang disebut glikasi. Ini adalah proses membuat glikosa berikatan dengan protein dan lipid, proses ini merusak kolagen kulit. Padahal protein memiliki fungsi untuk menjaga kekencangan kulit.

Mengonsumsi terlalu banyak gula dan makanan manis yang mengandung gula tinggi dalam mengundang kerutan pada wajah. Apalagi jika tidak diimbangi dengan konsumsi air yang cukup.

ilustrasi efek polusi pada kecantikanJangan Sering Dikonsumsi, 7 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Tua Foto: Dok. iStock

2. Makanan berlemak


Makanan tinggi lemak juga berpotensi membuat wajah terlihat lebih tua. Apalagi untuk jenis lemak trans yang banyak terkandung dalam makanan cepat saji, gorengan, margarin dan beberapa makanan kalengan.

Makanan tinggi lemak ini tidak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung, tetapi juga membuat pembuluh arteri menjadi kaku dan berpotensi menyumbat pembuluh darah. Ketika aliran darah di kulit terganggu maka efeknya akan menyebabkan penuaan dini dan hadirnya banyak kerutan.

Untuk mengimbanginya, cobalah konsumsi banyak makanan dengan lemak sehat. Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat antara lain salmon, alpukat, kacang-kacangan, telur dan minyak kelapa.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Teri Telur Balado"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com