Ingin Sehat hingga Umur 100 Tahun? Ini 5 Makanan Sehat Rekomendasi Ahli Gizi

ADVERTISEMENT

Info Sehat

Ingin Sehat hingga Umur 100 Tahun? Ini 5 Makanan Sehat Rekomendasi Ahli Gizi

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 18 Nov 2021 07:00 WIB
Rutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang Umur
Foto: Getty Images/iStockphoto/thawisak rattanasit
Jakarta -

Rahasia panjang umur dengan makan sehat mungkin bukan hal yang baru lagi. Tapi ada beberapa makanan khusus yang dipercaya jadi obat panjang umur alami.

Ada banyak makanan sehat yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari penyakit hingga virus berbahaya. Sementara beberapa makanan lainnya, disebut bisa membantu seseorang hidup lebih lama atau panjang umur.

Dilansir dari Times of India (17/11), Dokter James DiNicolantonio, dikenal sebagai ahli kesehatan dan ahli gizi yang baru-baru ini mengeluarkan daftar makanan terbarunya. Daftar makanan ini berisi beberapa jenis makanan yang sebaiknya dimakan orang-orang, jika ingin hidup mencapai angka 100 tahun.

Hampir semua makanan yang dituliskannya, merupakan makanan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Harganya juga tidak terlalu mahal, jadi bisa dikonsumsi oleh semua orang dari berbagai kalangan.

Mulai dari madu mentah atau jenis raw honey, yang disebut bisa menurunkan risiko terserang berbagai jenis kanker. Kemudian ada buah pisang hijau, yang membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh dan masih banyak lagi.

Berikut lima makanan sehat rahasia untuk panjang umur, dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: Makan Otak Ayam Jadi Rahasia Panjang Umur Kakek 111 Tahun" selengkapnya


1. Pisang Hijau

Banana tree with bunch of growing ripe green bananas, plantation rain-forest background.Pisang Hijau Foto: iStock

Identik dengan pisang yang belum matang sampai rasanya yang disebut tak manis. Siapa sangka pisang hijau punya kandungan prebiotik, yang mengirimkan bakteri sehat ke dalam perut.

Kemudian proses ini bisa membantu tubuh mengurangi atau meredakan tekanan darah. Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan, rutin mengonsumsi pisang hijau juga bisa mengurangi risiko terserang kanker ginjal hingga 50%.

Dalam 100 gram pisang yang masih berwarna hijau, emiliki kandungan sekitar 8,5 pati resisten di mana kalorinya lebih rendah. Hal ini juga dijelaskan dalam British Journal of Nutririon, di mana kandungan pati dalam pisang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan serta membuat tubuh kenyang lebih lama.

2. Kopi

Cup of hot latte art coffee on wooden table hot latte art coffee Foto: iStock

Bagi penggemar kopi, ada manfaat lain yang bisa diambil dari minum kopi di pagi hari selain membuat mata lebih melek. Menurut penelitian yang dipublikasikan di American Heart Association (AHA), Meminum 3-5 cangkir kopi sehari, untuk mengurangi risiko kematian dini sebanyak 15%.

Diketahui sebelumnya Dalam satu cangkir kopi hitam sekitar 180 ml, terdapat 2 kalori, 5 mg sodium dan kalium sebanyak 111 mg.

Dalam penelitian tersebut, mereka memperhatikan pola minum kopi seseorang. Di sana mereka menemukan para peserta yang rajin minum 3-5 cangkir kopi, memiliki usia lebih panjang dibandingkan mereka yang jarang atau lebih sedikit minum kopi setiap harinya.

Peneliti juga menemukan adanya perbedaan yang signifikan antara orang-orang yang meminum kopi lebih dari tiga cangkir setiap harinya. Hasil dari data yang dihimpun, menunjukkan adanya indikasi penurunan risiko gagal jantung bagi mereka yang rutin meminum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT