Makan Otak Ayam Jadi Rahasia Panjang Umur Kakek 111 Tahun

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 18 Mei 2021 13:30 WIB
Makan Otak Ayam Jadi Rahasia Panjang Umur Kakek 111 Tahun Foto: Daily Star
Jakarta -

Makanan sangat berpengaruh pada usia harapan hidup. Seperti kakek asal Australia yang berusia 111 tahun ini ia rutin konsumsi otak ayam.

Beberapa orang dikaruniai umur panjang panjang. Tak jarang bahkan mencapai ratusan tahun. Banyak dari mereka yang berumur panjang ini memiliki rahasia yang membuatnya panjang umur.

Mulai dari aktivitas hingga pola makan yang secara khusus mereka jalani untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tak jarang beberapa dari mereka juga rutin mengonsumsi salah satu makanan yang mulai diterapkan saat masih berusia muda.

Makanan-makanan tersebut merupakan makanan tertentu yang dipercaya secara turun temurun oleh keluarganya atau ia ketahui sendiri manfaatnya. Salah satunya kakek berusia 111 tahun dari Australia yang satu ini.

Baca juga: Nenek Berusia 108 Tahun Beberkan Rahasia Panjang Umurnya

Makan Otak Ayam Jadi Rahasia Panjang Umur Kakek 111 TahunMakan Otak Ayam Jadi Rahasia Panjang Umur Kakek 111 Tahun Foto: Daily Star

Dilansir melalui Daily Star (17/5) seorang pria bernama Dexter Kruger yang berusia 111 tahun 125 hari asal Australia mengungkapkan bahwa ia rutin konsumsi otak ayam dan menjadi rahasia untuk hidup panjang umur. Kruger bahkan dinobatkan menjadi pria tertua di Australia setelah Jack Locket, yang merupakan seorang veteran perang dunia pertama, meninggal pada tahun 2002.

"Otak ayam. Kamu tahu, ayam punya kepala. Di dalamnya ada otak dan itu merupakan hal kecil yang sangat lezat. Ukurannya hanya sesuap kecil saja," kata Kruger.

Pola makannya ini bahkan juga diterapkan pada anaknya yang kini telah berusia 74 tahun. Kakek Kruger diketahui saat ini tengah menulis tentang autobiografi dan para perawat di rumah perawatan manula mengakui ketajaman ingatan Kruger yang tidak bisa diragukan.

"Ingatannya masih sangat luar biasa untuk orang yang berusia 111 tahun," kata Melanie Calvert selaku pengelola rumah perawatan.

Makan Otak Ayam Jadi Rahasia Panjang Umur Kakek 111 TahunMakan Otak Ayam Jadi Rahasia Panjang Umur Kakek 111 Tahun Foto: Daily Star

Penulis buku Rekor Australia, John Taylor, mengonfirmasi bahkan Kruger menjadi pria yang paling tua di Australia. Sedangkan untuk wanita yang paling tua, dipegang oleh Christina Cook yang mencapai usia 114 tahun 148 hari namun sudah meninggal pada tahun 2002.

Jika dibandingkan dengan manusia tertua di dunia, Kane Tanaka yang berusia 117 tahun, Kruger dan Tanaka memiliki kebiasaan yang hampir serupa.

Kruger dan Tanaka kedua memiliki kebiasaan untuk menjaga otaknya tetap aktif berfungsi. Bedanya, Kruger rutin menuliskan autobiografi sedangkan Tanaka akan bangun pada jam 6 pagi dan mengerjakan soal-soal matematika di siang hari.

Baca juga: Makan Enak, Jadi Rahasia Panjang Umur dari Pria Tertua di Amerika



Simak Video "Bikin Laper: Semur Jengkol Sambal Tempong yang Bikin Keringatan"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com