7 Negara Ini Punya Etika Makan yang Unik dan Tak Biasa

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 21 Nov 2021 15:00 WIB
7 Negara Ini Punya Etika Makan yang Unik dan Tak Biasa Foto: Getty Images/webphotographeer

3. Italia

Di Indonesia tidak ada batasan waktu untuk memesan berbagai jenis kopi pada berbagai waktu yang diinginkan. Minum secangkir kopi baik kopi hitam, cappuccino, mocha atau yang lainnya dianggap sah-sah saja untuk dinikmati kapan pun.

Berbeda dengan di Italia, konsumsi cappucino di sore hari dianggap buruk dan dapat menyebabkan sakit perut. Jika sudah memasuki pukul 3 sore atau lewat, orang-orang Italia tidak akan memesan cappucino untuk dinikmati. Biasanya orang-orang yang memesan cappuccino di sore hari menjadi identitas bahwa orang tersebut adalah turis.

4. China

7 Negara Ini Punya Etika Makan yang Unik dan Tak Biasa7 Negara Ini Punya Etika Makan yang Unik dan Tak Biasa Foto: Getty Images/webphotographeer

Layaknya orang Asia yang menjunjung tinggi adat dan budaya, di China ada berbagai peraturan dan etika makan yang jarang didengar dan bahkan aneh bagi negara-negara lain. Bahkan banyak sekali kasus turis yang sedang berkunjung dan tidak memahami etika makan di China dipandang dengan cukup aneh.

Salah satu budaya China yang masih dipercaya hingga saat ini adalah kepercayaan untuk tidak membalik ikan karena dapat mendatangkan hal buruk. Walaupun sudah menghabiskan daging ikan di salah satu sisi, membalik ikan dianggap dapat mendatangkan kesialan bahkan bagi nelayan yang menangkap ikan. Maka sebagian orang memilih untuk tidak memakan sisi lain dari ikan tersebut atau mengangkat tulangnya untuk menikmati daging dari sisi ikan yang satunya.

5. Chili

Jika sebagian besar masyarakat di negara Asia tidak sungkan untuk menggunakan tangannya saat makan, berbeda dengan masyarakat Chilli. Sebagai salah satu bagian dari negara-negara di Amerika Selatan, Chili termasuk negara dengan peraturan atau etika makan yang paling ketat.

Di Chilli, makan dengan tangan dianggap menjadi sebuah tindakan yang sangat tidak sopan. Walaupun di benua Amerika sendiri etika makan cenderung lebih fleksibel tetapi di Chilli untuk makan kentang goreng saja sangat tidak diperbolehkan menggunakan tangan. Garpu dan pisau menjadi alat makan yang harus tetap berada di tangan selama sesi makan berlangsung.

Baca juga: Bikin Ngakak! 7 Hal Tak Terduga Ini Ditemukan Netizen Saat Makan dan Masak

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com