7 Cara Mudah Kenali Bahan Makanan Segar, Penting Buat di Dapur!

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 20 Nov 2021 06:00 WIB
7 Cara Mudah Kenali Bahan Makanan Segar, Penting Buat di Dapur! Foto: Brightside

3. Labu Parang

Memilih labu Parang yang berkualitas baik memang cukup rumit. Pasalnya ukuran labu yang cukup besar dan lapisannya yang tebal membuat kesulitan untuk membedakan kualitas labu Parang yang masih bagus sampai ke bagian dalamnya.

Untuk mengetahui apakah kualitas labu Parang baik sampai ke dalamnya, kamu bisa melakukan pengecekan dengan cara mengetuk-ngetuk bagian luar labu parang. Jika terdengar seperti buah yang kosong hal ini menandakan labu Parang memiliki kualitas yang cukup bagus dan siap untuk diolah maupun dikonsumsi.

4. Yogurt

7 Cara Mudah Kenali Bahan Makanan Segar, Penting Buat di Dapur!7 Cara Mudah Kenali Bahan Makanan Segar, Penting Buat di Dapur! Foto: Brightside

Rasa yogurt yang asam membuat cukup sulit membedakan mana yoghurt yang masih segar dan yang sudah tidak layak dikonsumsi berdasarkan rasanya. Sedangkan jika mengkonsumsi yogurt dengan kualitas yang salah akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama pencernaan.

Jika menemukan yogurt yang memiliki lapisan cairan terpisah di bagian atasnya namun belum berubah warna ini menandakan bahwa yogurt masih bisa dikonsumsi. Cukup aduk hingga bagian lapisan cairan yang terpisah menyatu kembali dengan yogurt di bagian bawahnya yogurt kembali siap untuk dikonsumsi.

5. Ikan

Membeli ikan di pasar maupun di supermarket juga perlu diperhatikan kualitasnya dari tampilan fisik. Setiap kali akan membeli ikan perhatikan tekstur dari ikan yang dipilih. Tekan perlahan bagian badan ikan dengan jari dan jika dirasa bagian badan ikan masih kenyal hal itu berarti ikan masih segar dan berkualitas baik.

Selain itu perhatikan juga bagian mata ikan. Pastikan tidak ada lapisan putih yang menutup mata ikan dan mata ikan masih terlihat segar. Jika menemukan ikan dengan mata yang keruh dan badan yang sudah mulai lunak kemudian juga saat ditekan tidak lagi kembali ke bentuk awalnya jangan ambil ikan tersebut karena menandakan kualitasnya yang sudah mulai rusak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Simpan Sayuran di Kulkas Agar Tak Layu"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com