Ahli Ekonomi Peraih Penghargaan Nobel Ternyata Hobi Banget Masak

Devi Setya - detikFood
Jumat, 19 Nov 2021 12:30 WIB
Ahli Ekonomi Peraih Penghargaan Nobel Ternyata Hobi Banget Masak
Foto: Yahoo!
Jakarta -

Hobi dan profesi biasanya berbanding terbalik. Seperti halnya seorang ahli ekonomi peraih penghargaan Nobel yang justru punya hobi masak. Ia juga membuat buku masak sendiri!

Adalah Abhijit Banerjee, pria asal India yang dikenal sebagai ahli ekonomi terkenal yang sekaligus peraih penghargaan Nobel 2019. Tidak banyak yang tahu kalau Banerjee ternyata punya hobi unik yang berbanding terbalik dengan profesinya.

Dilansir dari Yahoo! (17/11) Banerjee mengakui dirinya pertama kali memasak saat usianya 15 tahun. Mulai dari sini ia merasakan bahwa memasak adalah kegiatan yang bisa membuatnya merasa senang. Ia bahkan tak menyangka kalau akhirnya akan menjadi ahli ekonomi yang jago masak.

Ahli Ekonomi Peraih Penghargaan Nobel Ternyata Hobi Banget MasakAhli Ekonomi Peraih Penghargaan Nobel Ternyata Hobi Banget Masak Foto: Yahoo!

Pria kelahiran 21 Februari 1961 ini memiliki gelar profesor namun juga sebagai penulis buku masak. Selama berkesperimen membuat aneka makanan, Banerjee selalu mencatatnya dalam buku pribadinya. Tak disangka, setelah beberapa puluh tahun, koleksi resep masakannya menjadi sangat banyak.

Hingga akhirnya Banerjee memutuskan untuk membuat buku yang menampilkan berbagai resep masakannya.

"Leluconnya, Abhijit adalah juru masak yang lebih baik daripada profesi dia sebagai seorang ekonom," kata penerbit bukunya, Chiki Sarkar.

Buku berjudul Cooking to Save Your Life, ini berisi puluhan resep masakan andalan Banerjee. Sebelum memutuskan untuk membuat buku resep, sebenarnya Banerjee ingin memberikan kumpulan resep ini kepada saudara iparnya sebagai hadiah Natal.

"Memasak adalah sebuah perbuatan sosial," kata Banerjee. "Itu terjadi dalam suatu konteks. Terkadang, makan adalah hadiah untuk keluarga, terkadang itu berupa rayuan untuk orang tercinta, dan terkadang itu adalah sebuah ekspresi diri."

Ahli Ekonomi Peraih Penghargaan Nobel Ternyata Hobi Banget MasakAhli Ekonomi Peraih Penghargaan Nobel Ternyata Hobi Banget Masak Foto: Yahoo!


Setiap makanan yang pernah dimasak ini memiliki sejarah dan cerita berbeda. Misalnya sup buncis yang terinspirasi dari masakan Spanyol, atau sup ikan Bengali yang disajikan saat momen lamarannya, kemudian ada juga salad yang dibuat ketika sedang berbincang dengan mertua.

Buku masak ini punya desain berbeda dengan buku masak lain yang biasanya dilengkapi gambar dan foto makanan berwarna cerah. Buku karya Banerjee ini justru menampilkan ilustrasi geografis kasil karya Chayenne Oliver.

"Kami ingin membuat orang fokus pada rasa makanan yang mereka inginkan, bukan seperti apa tampilan hidangannya," kata Oliver.

Banerjee menghabiskan sebagian besar karirnya di bidang ekonomi, ia dan sang istri mencoba memahami bagaimana orang miskin hidup dan pilihan yang mereka buat. Hasil penelitiannya ini membuat ia meraih Nobel 2019.

Salah satu hal yang dia temukan adalah bahwa terlepas dari kondisi ekonomi seseorang, baik itu orang miskin atau orang kaya, semua sama-sama suka makanan enak.

Oleh karenanya, dalam buku resep ini juga ditampilkan beberapa masakan yang dibuat dengan bahan sederhana namun memiliki rasa istimewa.



Simak Video "Masak Masak: Ayam Ngohiong dengan Bumbu Tionghoa"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)