5 Buku Resep Unik, Tiru Makanan Kucing hingga Makanan Penderita COVID-19

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 18 Nov 2021 13:30 WIB
Unik! Tiga Chef Ini Ciptakan Buku Resep Terinspirasi Makanan Kucing
Foto: Fancy Feast/BlueApron
Jakarta -

Banyak buku resep unik yang dibuat dengan kisah menarik di belakangnya. Ada buku resep yang dibuat untuk mengenang orang meninggal, sampai buku resep yang tiru makanan kucing.

Sama seperti buku-buku resep lainnya, sekilas tampilan buku resep ini memang tidak ada bedanya. Isinya berupa aneka masakan lengkap dengan bahan dan cara membuatnya.

Namun dibaliknya, ada beberapa buku resep yang dibuat khusus dan berbeda dengan buku resep lainnya. Misalnya buku resep digital yang dibuat secara gratis untuk mengenang kepergian sosok sahabat yang suka masak.

Kemudian ada juga buku resep yang dibuat khusus menirukan makanan-makanan yang biasanya disantap oleh kucing. Lengkap dengan buku resep khusus untuk penderita COVID-19 yang kehilangan indera perasa dan penciuman.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima buku resep yang memiliki kisah unik dibaliknya.

Baca Juga: Buku Resep Makanan Favorit Marilyn Monroe Akan Dilelang Rp 1 Miliar!" selengkapnya


1. Buku Resep Tiru Makanan Kucing

Unik! Tiga Chef Ini Ciptakan Buku Resep Terinspirasi Makanan KucingUnik! Tiga Chef Ini Ciptakan Buku Resep Terinspirasi Makanan Kucing Foto: Fancy Feast/BlueApron

Banyak orang-orang yang iseng dan bereksperimen ingin mencoba makanan kucing. Mulai dari makanan kucing dijadikan topping nasi goreng, sampai diolah menjadi camilan. Melihat fenomena ini, Chef Amanda Hassner, Chef James Beard dan Chef Joshy Snyder memutuskan untuk menciptakan buku resep yang tidak biasa.

Mereka bekerja sama dengan perusahaan makanan kucing, Fancy Feast dalam meluncurkan buku resep 'Petite Feast'.

Buku ini berisi kombinasi resep unik yang mirip seperti makanan kucing. Namun memiliki rasa yang enak, dan tentunya dibuat dari bahan-bahan makanan yang aman.

Seperti resep ikan salmon yang dipadukan dengan irisan zucchini, dan saus honey miso sebagai pelengkapnya. Kemudian ada juga ikan panggang dengan saus Sriracha madu yang disantap dengan nasi goreng pedas.

Semua resep di sini memiliki kesamaan dengan makanan kucing, yaitu menggunakan banyak daging ayam dan ikan.

2. Buku Resep untuk Penderita COVID-19

Buku Resep Ini Dibuat Untuk Orang Kehilangan Indera Perasa karena COVID-19Buku Resep Ini Dibuat Untuk Orang Kehilangan Indera Perasa karena COVID-19 Foto: WP/LifeKitchen

Indera perasa dan penciuman hilang, jadi gejala COVID-19 yang dialami banyak orang. Kini ada buku resep yang diciptakan bagi orang-orang yang tidak bisa merasakan makanan. Hal ini lah yang mendorong Chef Ryan Riley dan Chef Kimberley Duke, untuk menulis buku resep yang unik.

Buku resep berjudul 'Taste & Flavour' ini terinspirasi dari orang-orang yang kehilangan indera perasa mereka karena COVID-19.

Lewat buku ini Ryan dan Duke yang berasal dari Inggris, ingin membantu orang-orang agar bisa menikmati makanan mereka lagi. Meskipun indera perasa dan penciuman mereka belum sepenuhnya kembali.

Di dalam buku resep ini, Ryan dan Duke fokus menciptakan hidangan yang lebih terasa teksturnya. Mereka juga menghindari membuat resep dengan bahan-bahan makanan yang tidak disukai penderita COVID-19.

Seperti bawang bombay, bawang putih, daging dan telur. Karena makanan-makanan ini secara langsung bisa memicu parosmia, yaitu perubahan indera penciuman. Juga bisai memicu anosmia yaitu kehilangan indera penciuman.



Simak Video "Bikin Laper: Mencicipi Tongseng Anti Kolesterol"
[Gambas:Video 20detik]