Keren! Kakek Ini Lukis Wajah Orang di Food Court Pakai Tumpahan Kopi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 18 Nov 2021 08:00 WIB
Keren! Kakek Ini Lukis Wajah Orang di Food Court Pakai Tumpahan Kopi Foto: Mothership SG
Jakarta -

Memiliki bakat seni, kakek di Singapura ini mencuri perhatian dengan karyanya. Terbaru ia melukis sosok wajah orang yang ia temui random di food court menggunakan tumpahan air kopi!

Bahan lukis ternyata bukan hanya cat air saja, melainkan bahan makanan seperti kopi, garam, potongan buah, hingga potongan sayur. Semuanya bisa dibentuk sedemikian rupa untuk menyerupai sebuah objek.

Dengan kreativitas, lukisan-lukisan makanan ini bisa tetap terlihat realistis. Seperti halnya yang ditunjukkan seorang kakek 78 tahun di Singapura ini.

Mengutip Mothership SG (16/11/21), video kakek dengan sapaan akrab Uncle Thien ini viral usai diunggah ke Facebook Singapore Incidents (13/11/21). Terlihat ia tengah duduk di sebuah hawker center atau food court Singapura.

Satu tangannya memegang sendok yang dicelup-celup ke bekas minuman kopi hitam. Tetesan air kopi dari sendok inilah yang digunakan sang kakek untuk membuat lukisan di meja. Lukisannya menampilkan sosok seorang wanita.

Keren! Kakek Ini Lukis Wajah Orang di Food Court Pakai Tumpahan KopiKeren! Kakek Ini Lukis Wajah Orang di Food Court Pakai Tumpahan Kopi Foto: Mothership SG

Dengan penuh kehati-hatian, Uncle Thien menggoreskan satu per satu 'tinta' air kopi untuk menyempurnakan proporsi lukisan wajah buatannya. Tangannya memang sudah agak gemetar karena dirinya sudah tua, namun ia berhasil menyelesaikan lukisan unik itu.

Bagi warga Singapura, sosok Uncle Thien bukanlah sosok baru. Sebelumnya ia pernah viral gara-gara melukis dengan ranting di kawasan Pek Kio, Farrer Park.

Gaya melukisnya memang seperti itu, menciptakan karya seni temporal di tanah yang kemudian akan 'dihancurkan' oleh angin yang berhembus. Uncle Thien semakin populer lantaran foto kreasinya kerap diunggah ke internet.

Lukisan Uncle Thien memiliki ciri khas karena penggunaan garis yang tajam dan jelas untuk gambar minimalisnya. Hal ini bertentangan dengan kepercayaan populer, tidak hanya selalu satu jenis wajah.

Kakek yang juga melukis di atas kertas ini punya prinsip unik. Ia tidak sedih ketika melihat karyanya 'dihancurkan' atau dihapus. "Tidak (sedih), karena ada pola berbeda yang dapat Anda buat. Terkadang Anda membuat sesuatu yang bagus, tetapi ketika angin datang, karya itu hilang. Jadilah," kata Uncle Thien.

Keren! Kakek Ini Lukis Wajah Orang di Food Court Pakai Tumpahan KopiKeren! Kakek Ini Lukis Wajah Orang di Food Court Pakai Tumpahan Kopi Foto: Mothership SG

Terkait lukisan kopi Uncle Thien di meja food court, banyak netizen Singapura memberi tanggapan. Sebagian besar memuji dan ikut senang melihat lukisan air kopi, namun sebagian lagi menyoroti soal kebersihan.

Hal ini lantaran Uncle Thien menggunakan sendok dan sisa minuman orang lain yang tak diketahui. Mungkin saja dari sendok dan sisa minuman itu juga mengandung jejak air liur peminumnya.

Selain itu, Uncle Thien viral usai pemerintah Singapura meminta pengunjung hawker center berinisiatif mengembalikan sendiri nampan restoran. Hal ini bertujuan agar restoran lebih bersih, namun hal yang dilakukan Uncle Thien seolah berbanding terbalik dengan inisiatif ini.



Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com