Bakmi Ndeso

Sluurp! Gurih Mlekoh, 5 Bakmi Jawa Enak di Jakarta

Riska Fitria - detikFood Rabu, 17 Nov 2021 12:00 WIB
Sluurp! Gurih Mlekoh, 5 Bakmi Jawa Enak di Jakarta Foto: iStock
FOKUS BERITA Bakmi Ndeso
Jakarta -

Bakmi Jawa dengan bumbu kemiri dan dimasak dengan anglo enak buat makan siang. Ini 5 tempat di Jakarta yang punya bakmi Jawa enak.

Bakmi Jogja atau disebut juga bakmi Jawa merupakan hidangan mie yang disajikan dengan beragam isian. Ada mie godog (rebus), mie goreng atau mie nyemek (kuah kental). Semuanya dimasak saat dipesan.

Bakmi Jawa asli Jogja selalu dimasak menggunakan api arang, dan disiapkan per porsi bukan sekaligus banyak. Karena itu proses memasaknya jadi lama, tetapi aroma dan rasanya lebih sedap. Apalagi dimasak dengan kaldu ayam kampung.

Bakmi Jawa bisa ditemu di berbagai tempat di Jakarta. Beberapa warungnya juga masih menggunakan anglo untuk memasak mie seperti yang ada di Jogja asli.

Berikut 5 tempat makan bakmi Jawa yang populer dan enak di Jakarta:

1. Bakmi Jogja Mbah Surip

Sluurp! Gurih Mlekoh, 5 Bakmi Jawa Enak di JakartaSluurp! Gurih Mlekoh, 5 Bakmi Jawa Enak di Jakarta Foto: iStock


Bakmi Jogja Mbah Surip merupakan warung bakmi yang legendaris. Warungnya sudah beroperasi selama lebih dari 22 tahun. Lokasinya ada di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Proses memasak yang masih tradisional membuat cita rasa bakminya semakin lezat. Tekstur mienya yang kenyal berpadu dengan kuah kuningan dengan rasa dan aroma bawang putih yang gurih.

Kemudian diberikan topping berupa ayam kampung suwir dan cabe rawit. Mienya berwarna agak pucat, tapi itu bukan berarti buruk. Selain itu, ada juga bakmi goreng seharga Rp 18.000-an.

Warung Bakmi Jogja Mbah Surip
Jl. Tj. Bar. Lama, RT.3/RW.4
Jagakarsa, Jakarta Selatan
Telepong : 021-78839337
Jam Buka : 10.00 - 23.00

2. Bakmi Jawa Mas Wahyu

Sluurp! Gurih Mlekoh, 5 Bakmi Jawa Enak di JakartaSluurp! Gurih Mlekoh, 5 Bakmi Jawa Enak di Jakarta Foto: iStock

Bakmi Jawa Mas Wahyu ini berlokasi di bilangan Cipete, Jakarta Selatan. Tepatnya dekat dari Stasiun MRT H. Nawi. Proses memasak di sini juga menggunakan anglo.

Karena itulah rasa bakmi Jawanya lebih autentik. Kuahnya berwarna agak keruh dengan tekstur yang kental. Rasanya gurih karena ada campuran kaldu ayamnya.

Untuk mienya sendiri tidak terlalu tebal, teksturnya kenyal dan juga lembut. Bakmi godognya disajikan dengan ayam kampung yang empuk dan gurih.

Selain menu bakmi godog, juga ada menu krengsengan yang terdiri dari balungan ayam. Mulai dari leher, sayap, paha, kepala dan disiram kuah seperti bakmi godog.

Bakmi Jawa Mas Wahyu
Jl. Abdul Majid Raya No.3
Cipete, Jakarta Selatan
Telepon: 0895-4234-79104

Baca Juga: 3 Resep Bakmi Jawa yangMlekoh SedapBumbunya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bakmi Jawa Jap Mebo, Senikmat 'Pulang' ke Jogja"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Bakmi Ndeso
FOKUS BERITA Bakmi Ndeso

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com