Kopi 'Cold Brew' vs Kopi Panas, Mana yang Lebih Tinggi Kafeinnya?

Devi Setya - detikFood Rabu, 17 Nov 2021 06:00 WIB
Kopi Cold Brew vs Kopi Panas, Mana yang Lebih Tinggi Kafeinnya? Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Panova

4. Kopi panas mengandung antioksidan lebih tinggi

Sebuah studi menunjukkan seduhan kopi panas membuat kopi memiliki kadar antioksidan lebih tinggi. Dengan demikian kopi panas bisa dijadikan alternatif minuman yang lebih sehat.

Kopi yang diseduh dengan air panas mengandung asam klorogenat yang bermanfaat memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kopi hangat juga terbukti menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, depresi, risiko diabetes tipe-2 dan bermanfaat menurunkan berat badan.

Kendati demikian, perlu diperhatikan juga bahwa kandungan kafeinnya juga lebih tinggi. Bagi orang yang memiliki gangguan sistem pencernaan atau masalah pada lambung, cobalah batasi konsumsi kopi agar tak memberi dampak buruk.

Kopi 'Cold Brew' vs Kopi Panas, Mana yang Lebih Tinggi Kafeinnya?Kopi 'Cold Brew' vs Kopi Panas, Mana yang Lebih Tinggi Kafeinnya? Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Panova

5. Kopi cold brew lebih ramah di lambung

Kopi cold brew memiliki rasa dan aroma yang lebih lembut dan ringan dibandingkan kopi seduhan panas. Selain itu, kopi cold brew juga terbukti lebih ramah di lambung. Cold brew 65% lebih asam dibandingkan dengan kopi yang diseduh dengan air panas.

Hal ini membuat kopi cold brew lebih ramah di usus. Tentu hal ini jadi kabar baik bagi penggemar kopi yang memiliki lambung sensitif. Tetapi tetap harus diperhatikan porsi kopi yang dinikmati, pastikan tidak lebih dari 5 cangkir dalam sehari.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com