Begini Kasta Murid SD Berdasarkan Bekal Makanan yang Dibawa

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 16 Nov 2021 10:30 WIB
Begini Kasta Murid SD Berdasarkan Bekal Makanan yang Dibawa Foto: TikTok/markiby2
Jakarta -

Saat sekolah dasar (SD) biasanya murid-murid akan dibawakan bekal oleh orang tuanya. Netizen yang satu ini ungkap kasta sosial di balik bekal yang dibawa oleh para murid SD.

Saat masa sekolah dasar (SD), biasanya murid-murid SD akan dibawakan bekal oleh orang tuanya untuk menghindari anak jajan sembarangan. Bekal yang dibuatkan juga cukup beragam. Ada yang diambil dari lauk yang dimasak di rumah hari itu, makanan yang dibeli, hingga bekal yang sengaja disiapkan berbeda dengan makanan di rumah.

Saat waktu istirahat datang, murid SD biasanya akan berkumpul di salah satu sudut kelas dan menikmati bekalnya bersamaan. Tidak jarang mereka juga bisa saja bertukar bekal atau mencicipi satu sama lainnya.

Seorang netizen di TikTok mempraktikkan suasana waktu istirahat anak SD saat berada di sekolah dan mulai membuka bekal makanannya. Bahkan ia juga bergurau dengan menggolongkan kasta sosial murid SD berdasarkan bekal yang dibawanya.

Baca juga: Spesialis Makanan Ekstrem, Pria Ini Masak Bulus dan Kepala Sapi!

Begini Kasta Murid SD Berdasarkan Bekal Makanan yang DibawaBegini Kasta Murid SD Berdasarkan Bekal Makanan yang Dibawa Foto: TikTok/markiby2

Melalui unggahan video pada akun TikTok @markiby2 (29/10), terlihat ada lima kasta yang bisa digolongkan melalui bekal makanan yang dibawa anak SD. Kasta miskin, sedang, cukup, kaya hingga 'si Sultan'.

Menunjukkan sewadah nasi tanpa lauk, Sabri menirukan kasta 'miskin'. Tanpa lauk pelengkap, ia hanya makan nasi dengan taburan garam dan kecap. Tanpa bermaksud merendahkan, ia menirukan kehidupan murid SD yang tak punya cukup lauk untuk dibawa sebagai bekal.

Selanjutnya ada kasta 'Si Cukup'. Ditirukan dengan bekal berupa nasi dan mie instan goreng, Sabri juga memegang plastik es seolah-olah es tersebut dibelinya di kantin. Lengkap dengan bekal dan uang jajan, murid SD yang satu ini datang dari keluarga yang cukup.

Begini Kasta Murid SD Berdasarkan Bekal Makanan yang DibawaBegini Kasta Murid SD Berdasarkan Bekal Makanan yang Dibawa Foto: TikTok/markiby2

Setelah 'Si Cukup' ada kasta 'Si Sedang' yang bawa bekal dengan lauk pelengkap yang lebih bernutrisi. Sekotak nasi dan telur ceplok dengan kecap menjadi menu bekal yang dibawa oleh ' Si Sedang' dan tak lupa juga botol tupperware kesayangan sang ibu yang selalu ada di tas.

Baca juga: 10 Menu Termahal di Restoran Salt Bae Ini Khusus Buat Sultan

Kemudian Sabri menunjukkan anak SD yang membawa bekal berupa setengah ekor ayam yang dikemas rapi seperti dibeli di rumah makan. Digolongkan sebagai 'Si Kaya' Sabri menunjukkan kelezatan bekal melalui ekspresinya.

Terakhir ada kasta murid SD yang paling lengkap perbekalannya. Ada roti, sosis, susu cokelat hingga penggorengan portable dikatakan sebagai bekal dari 'si Sultan'. Lengkap dengan ekspresi yang angkuh Sabri menunjukkan seolah-olah anak SD yang satu ini terbiasa dengan kemewahan dan menganggap bekalnya tak spesial padahal begitu lengkap.

Begini Kasta Murid SD Berdasarkan Bekal Makanan yang DibawaBegini Kasta Murid SD Berdasarkan Bekal Makanan yang Dibawa Foto: TikTok/markiby2

Video yang menunjukkan kasta anak SD berdasarkan bekal ini seketika menjadi viral. Saat dilihat oleh detikcom (15/11) video tersebut telah dilihat hingga 4,3 juta kali dengan ribuan komentar yang membalas unggahan tersebut.

"Pas makan sandwich kayak makan tempe mendoan anjir pake cabe," tulis akun @telorasinkhaskampung.

"Jadi inget pas SD bawa mie udah ngerasa paling kaya," tulis akun @wayohihi.

Baca juga: 5 Bekal Unik untuk Suami, Ada yang Bikin Ngakak sampai Terharu



Simak Video "Yuk, Perhatikan Gizi Jajanan Sekolah Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com