Antimainstream! Wanita Ini Jual Sate Ayam Unik Bentuk Tanaman

Devi Setya - detikFood Senin, 15 Nov 2021 11:30 WIB
Antimainstream! Wanita Ini Jual Sate Ayam Unik Bentuk Tanaman Foto: Instagram @rozanamuthiah
Jakarta -

Seorang wanita asal Gresik membuat inovasi sate ayam yang tak biasa. Ia menjual sate ayam dengan bentuk tanaman.

Jika mendengar kata sate ayam pasti langsung terbayang daging ayam yang ditusuk pada lidi kemudian dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang. Tapi sate ayam satu ini berbeda, bentuknya justru mirip tanaman di pot.

Adalah Rozana Muthiah, wanita asal Gresik, Jawa Timur yang berinovasi membuat makanan molecular gastronomi. Ia mengolah sate ayam hingga memiliki tampilan yang unik.

Antimainstream! Wanita Ini Jual Sate Ayam Unik Bentuk TanamanAntimainstream! Wanita Ini Jual Sate Ayam Unik Bentuk Tanaman Foto: Instagram @rozanamuthiah

Dihubungi detikcom (10/11) Rozana menjelaskan soal ide pembuatan sate ayam ini. Wanita yang pernah magang di Namaaz Dining, Jakarta ini mengaku terinspirasi dengan deretan makanan molecular gastronomi racikan Chef Andrian Ishak.

"Awalnya saya terinspirasi dari konsep produk 'lontong sayur' nya Chef Andrian Ishak. Membuat produk makanan molecular gastonomy yang bisa diantar dan dinikmati di rumah. Tapi tentunya saya mau buat yang beda, jadi saya cari-cari inspirasi lagi, saya lihat dishnya chef Heston Blumenthal yang berbentuk seperti pohon," ujar Rozana.

Mulai dari sinilah ia membuat sate ayam berbentuk tanaman. Diakui Rozana, makanan ini tidak mudah dibuat karena ia harus berulang kali melakukan percobaan sampai akhirnya menemukan resep yang pas.

Sate ayam unik ini mengusung konsep "Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi (tanaman) makanan."

"Terdapat daging ayam di tongkat kayu, batu menjadi lontongnya, dan tanamannya adalah acar wortel," lanjut Rozana.

Untuk membuat tampilannya maksimal, Rozana mengolah lontong dengan tambahan bubuk Charcoal agar warnanya hitam, kemudian untuk bumbu kacangnya sengaja dibentuk seperti tanah.

Antimainstream! Wanita Ini Jual Sate Ayam Unik Bentuk TanamanAntimainstream! Wanita Ini Jual Sate Ayam Unik Bentuk Tanaman Foto: Instagram @rozanamuthiah

Sate ayam ini dipasarkan lewat media online seperti Instagram namun Rozana mengaku ada kendala penjualan karena jarak lokasi dengan pembeli. "Kebanyakan kendalanya karena saya berdomisili di kota Gresik, Jawa Timur, sedangkan kebanyakan orang yang ingin beli itu dari luar daerah gresik, seperti Jabodetabek, Jambi, Makassar, dll," ujarnya.

Lewat sate ayam unik ini, Rozana berharap bisa membuat makanan lainnya menggunakan teknik molecular gastronomi. Wanita yang pernah bekerja bersama Chef Andrian Ishak ini juga berharap bisa membuka restoran seperti Namaaz Dining.

"Karena Namaaz Dining itu saya anggep sekolah. Saya juga terinspirasi banget dengan chef Andrian Ishak, dan cita-cita saya juga pengen punya restoran kayak Namaaz Dining," pungkas Rozana.



Simak Video "Berdiri Sejak 1954, Sate Ayam H. Ishak Selalu Laris Manis"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com