ADVERTISEMENT

Heboh Menu Sarapan yang Harus Dihindari di Hotel, Ini Makanan yang Sebaiknya Dipilih

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 14 Nov 2021 06:00 WIB
Top view of female hands holding fork and knife while having tasty breakfast at modern european cafe. Young woman eating fried eggs with toasts and morning coffee at restaurant
Foto: iStock
Jakarta -

Sarapan di hotel, jadi agenda wajib jika sedang berlibur di hotel. Pilihan makanannya yang beragam, ternyata ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari jika sarapan di hotel.

Konsep sarapan pagi di hotel, tentunya jadi waktu makan yang paling ditunggu banyak orang yang sedang berlibur atau menginap. Ditambah, banyak hotel yang menyajikan sarapan dengan konsep buffet atau makan sepuasnya.

Menunya juga beragam, mulai dari aneka roti, telur, sosis, nasi goreng, salad buah, pancake dan masih banyak lagi.

Dilansir dari Indy 100 (12/11), rupanya ada beberapa menu sarapan di hotel yang sebaiknya dihindari atau tidak sudah dimakan sama sekali. Hal ini dijelaskan oleh pengguna TikTok bernama Brandi Augustus, yang bekerja sebagai pegawai hotel yang memiliki pengalaman belasan tahun di industri ini.

Baca Juga: Sarapan Sehat dengan Real Toast dan Quinoa Bowl di COMO Uma Canggu


"Pokoknya jangan santap sarapan gratis atau prasmanan," tulisnya di video yang diunggahnya di TikTok.

continental breakfastcontinental breakfast Foto: iStock

"Saya tidak tahu bagaimana cara untuk mengatakannya tanpa harus mendapatkan kritikan dan serangan dari banyak orang yang bekerja di industri perhotelan. Tapi jika hotel tempat kalian menginap menyediakan menu sarapan klasik seperti cotinental breakfast, di mana menunya ada telur, waffle dan lainnya. Tolong lebih baik jangan dimakan," ungkap Brandi.

Brandi yang sudah bekerja di berbagai hotel terkenal sebagai front desk atau resepsionis selama lebih dari 15 tahun, mengungkapkan bahwa waffle adalah menu sarapan wajib yang harus dihindari di hotel.

"Karena mesin pembuat waffle ini tidak dibersihkan setiap hari. Selain itu butter atau mentega yang dibuat untuk waffle, tidak diganti juga setiap hari," sambungnya.

Brandi menyarankan, boleh-boleh saja menyantap sarapan di hotel. Tapi harus lebih teliti dan jeli masalah pilih makanan.

Resep Waffle BelgiaWaffle Belgia Foto: iStock


"Kalau memang mau makan sarapan di hotel. Sebaiknya pilih menu sarapan yang dimasak langsung oleh chefnya, bukan sarapan yang sudah jadi. Saya bilang semua ini hanya untuk menyelamatkan kalian saja," pungkas Brandi.

Nah, dilansir dari situ Spaindex (12/11), pilihan makanan yang jauh lebih sehat dan terjaga kebersihannya saat sarapan di hotel sebenarnya cukup banyak.

Misalnya telur rebus, telur rebus jauh lebih sehat dari telur mata sapi atau telur omellete, karena peralatan masaknya lebih praktis dan telur dilindungi oleh cangkang.

Kemudian buah-buahan segar yang masih ada cangkangnya seperti pisang, apel, jeruk dan anggur juga bisa jadi alternatif. Kalau memang lapar, bisa pilih menu sarapan dengan sereal, banyak buffet hotel yang menyediakan pilihan sereal. Tentunya sereal ini jauh lebih sehat, dibandingkan menyantap makanan yang sudah jadi.

Fakta-fakta ini dikonfirmasi oleh beberapa netizen lain yang bekerja di industri serupa.

"Selama lebih dari 12 tahun bekerja di industri makanan. Sarapan prasmanan dengan makanan yang sudah tersaji hotel adalah makanan yang harus dihindari," tulis netizen.

"Pokoknya hindari menyantap menu sarapan yang sudah matang kalau di hotel. Karena dapur hotel itu sebenarnya kotor!" pungkas netizen lainnya.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Telur 'Sunny Side Up' ala Hotel Buat Sarapan



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT