Rekomendasi Tempat Makan

Ini 5 Tempat Makan yang Identik dengan Menu Andalannya

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 09 Nov 2021 18:00 WIB
Dear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan Saus
Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Banyak tempat makan yang terkenal dengan menu makanan ikoniknya. Misalnya tempat makan sop buntut, tempat makan kue red velvet sampai tempat makan sate Padang.

Beberapa tempat makan di Jakarta, lebih menonjol atau gampang diingat karena salah satu menu makanannya yang identik dengan tempat makan tersebut.

Bahkan tempat makan berupa resto hingga makanan kaki lima ini, selalu diburu setiap orang jika sedang ingin menyantap makanan-makanan ini.

Salah satunya sop buntut, tak sulit memang menemukan sop buntut yang enak di Jakarta. Tapi orang-orang selalu makan di Hotel Borobudur yang terkenal dengan sop buntutnya.

Begitu juga dengan kue red velvet, meski setiap bakery atau kafe kekinian punya menu red velvet. Orang-orang tetap saja memilih Union, sebagai tempat ngeteh cantik sekaligus makan kue red velvetnya yang terkenal.

Berikut lima tempat makan di sekitar Jakarta yang terkenal dengan menu makanannya yang enak.

Baca Juga: Sultan! 5 Restoran Padang Termahal di Jakarta Ini Harganya Bikin Kantong Kempes


1. Dear Butter

Dear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan SausDear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan Saus Foto: detikcom/Riska Fitria

Hits sejak pertengahan tahun ini, popularitas croffle semakin tinggi setelah kehadiran Dear Butter. Dear Butter merupakan gerai croffle yang sangat viral di Indonesia. Dalam waktu singkat, Dear Butter mampu membuka puluhan cabang di berbagai kota.

Tak heran, orang-orang langsung memilih Dear Butter jika ingin mencoba croffle atau kangen makan croffle yang renyah manis. Menu croffle di Dear Butter juga cukup beragam.

Ada paket tiga croffle, atau paket croffle super lengkap isi sembilan dengan pilihan lima saus yang bisa dipesan sesuai selera pengunjung. Seperti Almond Mapple hingga Strawberry Cream Cheese. Kisaran harganya dari Rp 30.000.

2. Sate Padang Ajo Ramon

Takana Juo, Sate Padang Pariaman yang Eksis Lezatnya Sejak 1979Sate Padang
Foto: detikfood

Membicarakan sate padang, hampir semua orang pasti menebak Sate Padang Ajo Ramon sebagai pilihan pertama, ketika ditanya tempat makan sate Padang yang enak di Jakarta.

Lokasi tempat makan sate kaki lima ini berada di area Pasar Santa dan Kebayoran Baru. Meski sudah laris manis dan terkenal sejak dulu, konsep warung makan ini tak pernah berubah masih mengenakan tenda sederhana.

Menu andalannya tentu saja Sate Padang isian daging sapi yang royal. Kemudian tersedia juga menu sate usus, sate jantung, sampai sate lidah sapi dengan kuah sate yang kental gurih. Kisaran harganya dari Rp 30.000.

3. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon SirihNasi Goreng Kambing Kebon Sirih Foto: dok. detikFood

Mirip dengan Sate Padang Ajo Ramon, orang-orang di Jakarta selalu memilih Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, setiap kali ditanya tempat makan nasi goreng kambing paling enak di Jakarta.

Nasi Goreng Kambing Sirih termaasuk salah satu tempat makan kaki lima yang legendaris di Jakarta, letaknya berada di jalan Kebon Sirih, dan masih mengenakan tenda dan tempat makan sederhana. Bahkan kini kebanyakan pelanggan setianya lebih suka makan nasi goreng di dalam mobil.

Untuk harganya jangan kaget, paling murah setengah porsi harganya sekitar Rp 40.000. Seporsi nasi goreng kambing harganya Rp 50.000, kalau mau porsi ekstra bisa pesan yang harganya Rp 80.000. Tersedia juga nasi goreng ayam dan nasi goreng polos.

4. Bogor Cafe

Indonesian famous oxtail soupIndonesian famous oxtail soup Foto: iStock

Tak hanya makanan kelas kaki lima saja yang legendaris dan identik dengan menu makanan populer mereka.

Di Hotel Borobudur contohnya, salah satu hotel klasik yang bergengsi di Jakarta. Di sini semua orang selalu penasaran dengan rasa sop buntut mereka yang ikonik.

Berada di dalam restoran Bogor Cafe, sop buntut jadi menu legendaris yang dicari banyak orang. Tampilannya tentu saja sop buntut gaya bintang lima. Harganya sekitar Rp 208.000 per porsi, pilihannya bisa sop buntut rebus, bakar, goreng atau dipenyet.

Saking laris manisnya, sop buntut ini bahkan bisa dinikmati di Sop Buntut Bogor Cafe yang terletak di dalam Pondok Indah Mall. Selain sop buntut, di kafe ini pengunjung bisa mencicipi makanan legendaris lainnya seperti nasi bakar, sampai sate pisang.


5. UNION

red velvet cake with strawberry slice and chokolate cookie and red cup of tea on the brown wooden table in a cafe summer veranda. ands holding a spoon.  Image is  close upIlustrasi red velvet. Foto: Getty Images/iStockphoto/Olga Buntovskih

Union dikenal sebagai salah satu kafe dan resto yang fokus menyajikan aneka roti, pastry dan cake premium yang enak dan cantik. Selain dijadikan tempat ngeteh atau makan-makan cantik oleh milenial di Jakarta.

UNION juga populer dengan cake atau kue red velvetnya yang ikonik. Bahkan ketika mendengar nama UNION, semua orang akan langsung menyebut kue red velvet mereka yang enak dan berbeda dari yang lainnya.

Banyak yang setuju bahwa kue red velvet buatan UNION paling enak di Jakarta. Di sini kuenya bisa dipesan satu potong (per slice), atau per kue untuk kejutan ulang tahun dan berbagai acara lainnya. Kisaran harganya dari Rp 70.000 sampai Rp 680.000.


Baca Juga: Rating 5! Tempat Makan Enak Ini Jadi Incaran Food Vlogger Terkenal



Simak Video "Cerita Pemilik Rintis Usaha Nasi Goreng Padang Upiak"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)