ADVERTISEMENT

Enak Ngangeni! Ini 5 Jajanan Tradisional Indonesia yang Mulai Langka

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 09 Nov 2021 14:30 WIB
Jajanan Tradisional yang Hampir Punah. Ada Gulali Tarik hingga Grontol Jagung
Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Es Goyang

Jajanan Tradisional yang Hampir Punah. Ada Gulali Tarik hingga Grontol JagungJajanan Tradisional yang Hampir Punah. Ada Gulali Tarik hingga Grontol Jagung Foto: Instagram @cewekdoyanmakan

Es tradisional Indonesia banyak ragamnya. Salah satunya es goyang yang merupakan es loli dengan beragam pilihan rasa. Ada rasa vanila, cokelat, stroberi, alpukat, hingga durian.

Dinamakan es krim goyang karena proses pembuatannya harus menggoyangkan gerobaknya. Pada era 90-an, penjual es goyang mudah ditemui di sekolahan atau keliling kampung. Harga per tusuknya sekitar Rp 500 - Rp 1.000.

Kini es goyang sulit ditemui. Terkadang es goyang bisa ditemui di area street food terkenal atau salah satu acara. Harga es goyang juga mengalami kenaikan, saat ini dibanderol Rp 3.000 - Rp. 5.000 per tusuknya.

4. Wedang Kembang Tahu

Jajanan Tradisional yang Hampir Punah. Ada Gulali Tarik hingga Grontol JagungJajanan Tradisional yang Hampir Punah. Ada Gulali Tarik hingga Grontol Jagung Foto: Getty Images/iStockphoto

Penggemar wedang kembang tahu pasti saat ini merindukan rasa dari jajanan tradisonal tersebut. Karena, jajanan tradisional satu ini semakin sulit ditemui.

Hanya ada beberapa penjual wedang kembang tahu yang masih bertahan. Padahal dulu wedang kembang tahu mudah ditemui setiap harinya. Para penjualnya menawarkan wedang kembang tahu ini dengan cara dipikul.

Semangkuk wedang kembang tahu yang lembut dengan cita rasa manis dan agak pedas dari kuah jahe ini sangat nikmat disantap saat cuaca dingin. Dulu harganya hanya dibanderol sekitar Rp 5.000-an.

Baca Juga: Tangkap Ikan Mas Raksasa di Danau Toba, Netizen Kaitkan dengan Mamak Samosir



Simak Video "Menjajal Meriahnya Rasa Kue Mipan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT