Enak Ngangeni! Ini 5 Jajanan Tradisional Indonesia yang Mulai Langka

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 09 Nov 2021 14:30 WIB
Jajanan Tradisional yang Hampir Punah. Ada Gulali Tarik hingga Grontol Jagung Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Jajanan tradisional di Indonesia rasanya enak dan bikin kangen. Namun, ada beberapa jajanan yang saat ini mulai langka. Seperti gulali tarik hingga kue rangi.

Walaupun sudah banyak jajanan populer yang lebih modern, namun kelezatan jajanan tradisional selalu berhasil memikat hati. Sayangnya, ada beberapa jajanan tradisional Indonesia yang kini makin susah ditemui atau langka.

Sebut saja seperti kue rangi. Kue yang berasal dari adonana tepung dan kelapa ini biasa ditawarkan oleh penjual gerobakan atau dipikul. Namun, kini keberadaan penjualnya sulit ditemukan.

Selain itu, ada juga es goyang yang dulu penjualnya banyak ditemui di depan pagar sekolah. Ada juga grontol jagung, wedang kembang tahu, hingga gulali tarik.

Berikut 5 jajanan tradisional Indonesia yang hampir punah.

1. Gulali Tarik

Jajanan Tradisional yang Hampir Punah. Ada Gulali Tarik hingga Grontol JagungJajanan Tradisional yang Hampir Punah. Ada Gulali Tarik hingga Grontol Jagung Foto: Getty Images/iStockphoto

Ada beragam gulali yang bisa ditemui di Indonesia. Mulai dari permen kapas, rambut nenek, hingga gulali tarik. Namun, sekarang ini yang sulit ditemui adalah gulali tarik.

Dulu, penjual gulali tarik ini menawarkan dagangannya dengan cara dipikul atau menggunakan gerobak sepeda. Pada era 90-an, gulali tarik khas Betawi ini biasanya berjualan di depan pagar sekolah.

Gulali tarik terbuat dari gula yang diberikan pewarna makanan, lalu dilelehkan. Dinamakan gualli tarik karena proses membentuk benda, hewan, hingga bunga dengan cara ditarik oleh tangan sang penjual. Jajanan ini dulunya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1.000.

2. Kue Rangi

Jajanan Tradisional yang Hampir Punah. Ada Gulali Tarik hingga Grontol JagungJajanan Tradisional yang Hampir Punah. Ada Gulali Tarik hingga Grontol Jagung Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Kue rangi adalah salah satu jajanan tradisional khas Betawi. Jajanan satu ini terbuat dari tepung sagu dan kelapa yang dipanggang menggunakan cetakan di atas arang.

Kue rangi yang gurih dan teksturnya agak renyah ini disajikan menggunakan sirup gula merah kental. Dulu, penjual kue rangi terbilang cukup banyak dan sering keliling kampung ke kampung.

Namun, kini penjualnya sangat jarang ditemui. Harga kue rangi juga saat ini sudah mengalami kenaikan harga mengikuti harga bahan utamanya. Saat ini seporsi kue rangi ditawarkan dengan harga Rp 5.000-an.

Baca Juga: Sempat Dibully, Ini 5 Tips Diet Audy Item hingga Turun 8 Kg Lebih

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menjajal Meriahnya Rasa Kue Mipan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com