5 Makanan dan Minuman Darah Ini Cocok Buat yang Suka Makanan Ekstrem

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 07 Nov 2021 16:00 WIB
5 Makanan dan Minuman Darah Ini Cocok Buat yang Suka Makanan Ekstrem Foto: Listverse/Site News
Jakarta -

Di beberapa negara, darah hewan yang dijadikan makanan dan minuman jadi kuliner favorit. Meski dianggap ekstrem, tapi popularitasnya tak main-main.

Membicarakan darah hewan, banyak orang-orang yang langsung merasa mual jika dikaitkan dengan makanan. Namun olahan darah hewan segar yang diubah menjadi makanan ternyata sudah menjadi budaya kuliner turun temurun di beberapa negara.

Darah hewan dianggap sama seperti daging dan bahan makanan lainnya. Seperti di Kenya, darah hewan dijadikan minuman mirip susu. Lalu ada juga hidangan eksotik sup darah segar dari darah bebek khas Vietnam.

Dilansir dari Listverse (06/11) dan berbagai sumber, berikut lima makanan dan minuman dari darah hewan yang cocok untuk penggemar makanan ekstrem:

Baca Juga: Selain Ekstrem, Makanan Ini Dijamin Bikin Orang Tak Sanggup Menelannya


1. Tie Canh

5 Makanan dan Minuman Darah Ini Cocok Buat yang Suka Makanan Ekstrem5 Makanan dan Minuman Darah Ini Cocok Buat yang Suka Makanan Ekstrem Foto: Listverse/Site News

Vietnam gudangnya makanan eksotis yang tidak bisa ditemukan di negara manapun. Salah satunya Tie Canh yang dibuat langsung dari darah bebek yang masih mentah dan segar. Kemudian disajikan mirip seperti sup yang disantap dengan makanan lainnya.

Makanan tradisional khas Vietnam ini dibuat secara sederhana. Bahan utamanya menggunakan darah bebek, kemudian ditambah dengan daging bebek, beberapa rempah segar, kemudian dimakan dalam kondisi mentah.

Meski terkesan ekstrem dan berbahaya, tapi bagi orang Vietnam, sup darah ini sudah mirip seperti sup ayam atau sup iga. Namun bagi orang baru, menyantap sup darah bebek yang masih mentah tentunya akan menjadi pengalaman kuliner ekstrem yang tak akan terlupakan.

2. Blodplattar

Wah! Menu Sarapan dari Berbagai Negara Ini Terbuat Dari Darah Hewan Terbuat Dari Darah Hewan Foto: Istimewa

Sekilas makanan yang satu ini tampilannya mirip seperti pancake atau crepes yang terbuat dari adonan tepung cokelat. Padahal Blodplattar terbuat dari olahan darah babi yang dicampur ke dalam tepung terigu, bawang, dan beberapa rempah lainnya. Kemudian semua bahan ini dicampur hingga tekstur adonannya kental.

Blodplattar ini populer di Finlandia dan Swedia. Menu ini sering disajikan sebagai menu sarapan yang enak. Mirip seperti pancake, Blod plattar ini juga disajikan dengan tambahan buah-buahan, selai, hingga digulung seperti crepes.

Menurut kepercayaan banyak orang Finlandia dan Swedia, pancake darah babi ini dinilai sebagai menu sarapan bernutrisi. Kaya akan zat besi dan rasanya cukup enak. Di pagi hari blodplattar jadi menu sarapan yang cukup populer di dua negara tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Berani Jajal Kue Cacing Ini?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com