5 Ciri Penjual Nasi Goreng Enak Versi Netizen, Klimis hingga Tampang Dingin

ADVERTISEMENT

5 Ciri Penjual Nasi Goreng Enak Versi Netizen, Klimis hingga Tampang Dingin

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 04 Nov 2021 18:00 WIB
Sambut Zulkifli, SBY Siapkan Nasi Goreng Gerobak
Foto: Tsarina Maharani/ detikcom
Jakarta -

Banyak informasi hingga pengetahuan lucu yang dibagikan netizen di Twitter. Salah satunya ciri-ciri penjual nasi goreng enak yang bikin banyak orang tertawa membacanya.

Nasi goreng jadi makanan sejuta umat yang mudah ditemukan. Mulai dari nasi goreng gerobak, nasi goreng restoran sampai nasi goreng kelas bintang lima semuanya hadir dengan ciri khas berbeda.

Tentunya dari semua jenis nasi goreng, banyak orang lebih familiar dengan penjual nasi goreng gerobak atau nasi goreng kaki lima. Rata-rata dari penjual nasi goreng ini punya ciri khas, atau kemiripan yang hampir sama.

Bahkan beberapa netizen di Twitter kompak mendiskusikan ciri-ciri penjual nasi goreng yang enak sesuai pengalaman mereka, selama mencicipi aneka nasi goreng.

Berikut lima ciri penjual nasi goreng yang enak dan populer versi netizen di Twitter.

Baca Juga: Sedapnya Nasi dan Mie Goreng Pakai Anglo Gowes yang Viral di Bandung


1. Nasi Goreng Gerobak

Sedapnya Sepiring Nasi Goreng Sapi yang Gurih BerempahSedapnya Sepiring Nasi Goreng Sapi yang Gurih Berempah Foto: detikFood/Ajie Prasetya

Berawal dari cuitan iseng pengguna Twitter @menya** (04/11), ia menyimpulkan ciri-ciri penjual nasi goreng yang menurutnya selalu enak.

"Ber gerobak. (Nasi goreng) restoran cenderung tidak lezat. (Penjualnya) bapak-bapak tua usia 40 tahun keatas, bertampang sehat dan berkumis lebat tanpa jenggot. (Penjual nasi goreng) anak muda cenderung tidak enak," tulis @menya**.

Cuitan ini langsung mendapatkan 30,8 ribu likes dari pengguna Twtitter dan mendapatkan 856 balasan, yang isinya ciri-ciri penjual nasi goreng enak versi netizen masing-masing.

2. Tampang Dingin

Dartadi (60) memasak nasi goreng dengan cara berbeda. Ia dibantu alat atau robot saat mengolah nasi di atas wajan.Dartadi (60) memasak nasi goreng dengan cara berbeda. Ia dibantu alat atau robot saat mengolah nasi di atas wajan. Foto: Muhammad Aminudin/detikcom

Selain jualan di gerobak, ciri-ciri penjual nasi goreng yang pasti enak ternyata bisa dinilai dari tampang penjual tersebut. Seperti ciri-ciri yang dirangkum oleh akun @knifeand**.


"Tampang dingin. Ditemani istri yang ngebungkusin (nasi goreng). Jarang bilang makasih, biasanya diwakilkan istrinya. Sementara si kecil asik mainin sedotan Aqua sambil pegang hp. Ini ciri-ciri tier master (penjual nasi goreng) biasanya," tulisnya.

"Biasanya penjualnya bapak-bapak usia 52 tahun. Sudah berjualan nasi goreng lebih dari 25 tahun. Pelanggan tetap yang beli nasi goreng di sana kebanyakan minta dibuatin bapak langsung. Rela nunggu. Karena buatan yang lain kurang enak, padahal bumbu dan takaran sama," curhat @your**.

3. Bikin Batuk dan Bersin

Closeup of fried rice being cooked in wokCloseup of fried rice being cooked in wok Foto: Getty Images/iStockphoto/Serge_Bertasius

Ada juga netizen yang mencari ciri-ciri penjual enak dari kuatnya aroma bumbu nasi goreng ketika tengah dimasak.

"Kalau lewatin tuh pedagang (nasi goreng), bikin kita batuk dan bersin. Fix nasi gorengnya enak, selama ini (saya) pake cara itu," komen @esfr**.

"Setuju gak setuju sih, kalau masalah nasi goreng abang-abang enak. Tapi ya gak semuanya enak. Balik lagi ke penjualnya masing-masing. Ada yang nasi gorengnya baunya harum banget gitu enak. Eh pas beli rasanya hambar gitu huhu," sahut @enggak**.

"Nasi goreng Surabaya juga enak. Tapi yang dagang orang Madura, bumbunya bawang putih dua siung digeprek sedep gak ada lawan," timpal @sedalje**.

4. Penampilan Klimis

Sedapnya Nasi dan Mie Goreng Pakai Anglo Gowes yang Viral di BandungSedapnya Nasi dan Mie Goreng Pakai Anglo Gowes yang Viral di Bandung Foto: detikcom/Wisma Putra

Ada satu penampilan universal, atau penampilan yang biasanya jadi ciri khas para penjual nasi goreng kawakan yang sudah memiliki banyak pelanggan. Yaitu bisa dilihat dari penampilan penjual yang klimis atau rapih.

"Stylenya baju berkerah. Warna cerah, kalau penjual nasi gorengnya orang Jawa, mereknya Crocodile. Sedangkan penjual nasi goreng non-Jawa, bajunya Polo dan sebagainya," sambung @menyang**.

"Kalau di Malang, penjual nasi gorengnya bertopi. Kadang pakai celana panjang pink, tidak ramah. Kalau ada yang pesen dia cuma diem sambil masak. Kita panggilnya Pak Gatel. Meskipun bapake menyebalkan alias cuek, tapi nasi gorengnya enak," rekomen @vicha**.

5. Tingkat Kenikmatan Berbeda

Nasi Goreng Gerobak Kaki LimaNasi Goreng Gerobak Kaki Lima Foto: Instagram & detikFood

Tingkat kenikmatannya berbeda, hal ini diungkapkan oleh penggemar nasi goreng @gdleo**. Menurut pengalamannya, ada beberapa karakteristik rasa nasi goreng sesuai kota atau daerah tempat penjual itu berdagang.

"Nasi goreng di Jakarta cenderung pakai kecap, terutama ikan asin. Acarnya mantab. Nasi goreng Tegal, ORTEGA enak banget. Kalau nasi goreng Surabaya warnanya merah rasanya smoky. Kalau nasi Goreng Jawa, toppingnya telur rebus dan ayamnya oke lah, rasanya smoky poll," komen *gdl**.

Tak hanya itu ia juga menyebutkan bahwa untuk nasi goreng Magelangan, lebih cenderung dicampur dengan mie yang enak. Sementara nasi goreng Kediri mirip seperti nasi goreng Jawa. Terakhir ada nasi goreng gaya Bali, yang rasa bawang dan cabe genepnya berasa.

Baca Juga: Buka Sejak Tahun 1985, Nasi Goreng Gerobak Ini Punya Banyak Penggemar



Simak Video "Lezatnya Nasi Goreng Kambing Daun Jati"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT