7 Cara Membersihkan Kulkas Agar Bebas Bau dan Bakteri

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 04 Nov 2021 16:30 WIB
Cara Membersihkan Kulkas yang Tepat Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Pakai Larutan Cuka

Cara Membersihkan Kulkas yang TepatCara Membersihkan Kulkas yang Tepat Foto: Getty Images/iStockphoto

Langkah selanjutnya adalah membersihkan kulkas bagian dalam. Kamu bisa membersihkannya menggunakan bahan makanan yang umum ditemui di dapur, salah satunya cuka.

Cara menggunakan cuka untuk membersihkan kulkas sangatlah mudah. Kamu hanya perlu melarutkan cuka dengan air di dalam botol semprot. Kemudian, larutan air cuka itu disemprotkan ke area yang kering dan terdapat kotorannya.

Diamkan selama beberapa saat sampai larutan air cuka itu meresap dan mengangkat kotoran. Setelah itu, basuh dengan kain lembab yang sudah diberikan air sebelumnya. Fungsi cuka di sini tak hanya mengangkat kotoran, tapi juga bau tak sedap pada kulkas.

4. Pakai Soda Kue

Tak hanya cuka saja, tapi soda kue juga dapat digunakan untuk membersihkan kulkas. Caranya juga cukup muda, hanya membuat pasta soda kue dengan campuran sedikit air hangat.

Setelah itu, oleskan secara merata pasta soda kue ke seluruh permukaan kulkas. Setelah itu, diamkan beberapa saat dan bilas dengankain bersih, lalu keringkan menggunakan tisu dapur. Kulkas tak akan lagi kotor dan terbebas dari bau yang tak sedap.

5. Bersihkan Lubang Pembuangan

Lubang pembuangan pada kulkas juga sangat perlu diperhatikan kebersihannya. Karena, lubang pembuangan ini salah satu yang dapat menyebabkan timbulnya aroma tak sedap pada kulkas.

Untuk itu, saat membersihkan bagian dalam kulkas, jangan lupakan lubang pembuangan. Bersihkan lubang pembuangan menggunakan larutan cuka. Caranya dengan melumuri lubang pembuangan menggunakan cotton bud yang telah ditambahkan larutan cuka.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Makan yang Bikin BB Turun Lebih Cepat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com